Pertarungan Sumber Daya: Penambang Bitcoin VS Ledakan AI Jelang Halving!

Pertarungan Sumber Daya: Penambang Bitcoin VS Ledakan AI Jelang Halving!

Jakarta, Pintu News – Dengan mendekatnya halving Bitcoin, penambang Bitcoin kini menghadapi tantangan baru: persaingan dengan pusat data kecerdasan buatan (AI) yang membutuhkan energi besar-besaran. Analisis dari firma investasi AllianceBernstein menyoroti dinamika ini, terutama di lokasi seperti Texas, yang menjadi ladang pertarungan karena energi murah dan lahan luas yang tersedia untuk pembangunan pusat data.

Artikel ini akan membahas bagaimana persaingan ini mempengaruhi industri penambangan Bitcoin dan apa yang bisa diharapkan pasca-halving. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Persaingan untuk Sumber Daya di Texas

Menurut laporan terbaru, penambang Bitcoin yang sebelumnya menikmati akses relatif mudah ke lahan dan kontrak energi di Texas kini menemukan situasi menjadi lebih kompetitif karena ledakan industri AI. Kedua industri ini memperebutkan sumber daya yang sama, membuat akuisisi lahan dengan kontrak daya menjadi lebih kompetitif untuk penambang.

Kedua industri ini juga bersaing dalam permintaan chip. Chip ASIC Bitcoin harus bersaing dengan permintaan tinggi untuk chip AI yang kuat, yang telah membuat produsen lebih tertarik pada kontrak massal dengan penambang yang memiliki arus kas kuat dari penggalangan dana.

Baca Juga: Penurunan Kesulitan Penambangan Bitcoin: Lega di Tengah Dinginnya Texas

Dampak Halving Mendatang

Halving, yang terjadi setiap empat tahun sekali, akan mengurangi hadiah blok dari 6.25 BTC menjadi 3.125 BTC. Ini mendorong penambang untuk bekerja lebih efisien dalam menghadapi potensi penurunan pendapatan.

Namun, menurut analis Bernstein, penambang berada dalam posisi keuangan yang relatif nyaman menjelang halving ini, dengan beberapa CEO perusahaan penambangan mengklaim bahwa mereka memiliki utang yang rendah dan tidak memiliki pembiayaan peralatan yang mempertaruhkan rig penambangan.

Baca Juga: Jelang Bitcoin Halving, Cipher Mining Lakukan Pembelian 16.700 Penambang Baru!

Posisi Pasar Bitcoin Saat Ini

Saat ini, harga Bitcoin telah jatuh jauh di bawah rekor tertinggi Maret sebesar hampir $74.000 per koin, dengan perdagangan terkini di sekitar $63.145, di bawah rekor tertinggi sebelumnya $69.044 yang dicapai pada tahun 2021. Fluktuasi harga ini menambah tantangan bagi penambang menjelang halving, memperkuat kebutuhan untuk operasi yang lebih efisien dan adaptasi strategis.

Kesimpulan

Persaingan antara penambang Bitcoin dan industri AI menggambarkan perubahan dinamis dalam teknologi dan industri energi. Kedua sektor ini memperebutkan sumber daya yang sama dalam lanskap yang semakin kompetitif, sementara halving yang akan datang menambahkan tekanan tambahan pada penambang untuk mengoptimalkan operasi mereka. Bagaimana penambang Bitcoin akan menyesuaikan diri dalam menghadapi tekanan ini akan sangat menentukan keberlanjutan dan keuntungan jangka panjang mereka di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: