Rekor, Penambang Bitcoin Raup Keuntungan Hingga $44 Juta!

Rekor, Penambang Bitcoin Raup Keuntungan Hingga $44 Juta!

Era digital semakin menguat, dan penambang Bitcoin pun meraih keuntungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan pendapatan harian mencapai $44 juta. Akan tetapi, ada fenomena yang cukup mengejutkan di balik kesuksesan ini. Perusahaan penambangan publik malah menjual Bitcoin lebih banyak daripada yang mereka tambang. Bagaimana bisa? Mari kita bahas lebih lanjut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keuntungan Penambang Bitcoin Mencapai Puncak

keuntungan penambang btc
Grafik tahunan pendapatan penambangan Bitcoin. Sumber: blockchain.com

Pada 12 November 2023, penambang Bitcoin mencapai puncak keuntungan tahunan dengan pendapatan melebihi $44 juta. Sumber pendapatan ini berasal dari hadiah yang diberikan untuk konfirmasi transaksi Bitcoin dan pembuatan blok baru menggunakan perangkat komputer canggih yang disebut rig penambangan.

Saat ini, penambang menerima 6,25 BTC untuk setiap blok yang berhasil dibuat ditambah dengan biaya transaksi. Namun, antara April 2022 dan November 2023, beberapa faktor telah menyebabkan penurunan pendapatan penambang Bitcoin secara global.

Faktor-faktor tersebut termasuk pasar bear yang berlangsung lama, sentimen negatif investor terkait penipuan dan keruntuhan ekosistem, serta regulasi yang kurang mendukung yang menghambat investor melakukan transaksi Bitcoin dengan mudah.

Baca Juga: Kyrgyzstan Berinvestasi $20 Juta untuk Membangun Mining Crypto Hydropower!

Penambang Bitcoin Menjual Lebih Banyak daripada yang Ditambang

marathon digital holdings
Sumber: Akun X Marathon Digital Holdings

Untuk pertama kalinya dalam tiga bulan, 13 perusahaan penambangan crypto publik terkemuka telah menjual lebih banyak Bitcoin (BTC) daripada yang mereka tambang

Menurut TheMinerMag, sebuah platform penelitian penambangan Bitcoin, rasio penjualan terhadap produksi untuk penambang seperti Marathon Digital, Core Scientific, Argo Blockchain, Bitfarms, Bit Digital, Hut 8, Iris Energy, dan Terawulf adalah 105% pada Oktober, yang berarti mereka menjual semua koin yang ditambang ditambah aset dari kepemilikan mereka.

Ada beberapa alasan mengapa penambang Bitcoin menjual sebagian besar aset yang mereka tambang, termasuk untuk menambah cadangan kas mereka atau untuk mewujudkan keuntungan dari kenaikan harga. Alasan utama lainnya adalah untuk menabung dalam persiapan untuk acara pemotongan Bitcoin yang akan datang, yang akan mengurangi hadiah blok mereka menjadi setengah.

Meskipun penambang Bitcoin meraih keuntungan rekor, mereka justru menjual lebih banyak Bitcoin daripada yang mereka tambang. Hal ini menunjukkan bahwa penambang Bitcoin sedang mempersiapkan diri untuk acara halving Bitcoin yang akan datang dan berusaha untuk mewujudkan keuntungan dari kenaikan harga Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: