CEO Marathon Digital Ungkap Penambang Bitcoin Kecil akan Terpuruk Pasca Halving, Kenapa?

author:

CEO Marathon Digital Ungkap Penambang Bitcoin Kecil akan Terpuruk Pasca Halving, Kenapa?

Jakarta, Pintu News – Peristiwa halving Bitcoin yang akan terjadi pada bulan April 2024 mendatang diperkirakan akan membawa dampak signifikan bagi industri penambangan kripto.

Dalam sebuah wawancara bersama CNBC, CEO Marathon Digital Holdings, Fred Thiel, memperingatkan bahwa penambang Bitcoin kecil akan menghadapi tekanan finansial yang berat setelah peristiwa tersebut.

Perbedaan Akses Modal antara Penambang Kecil dan Besar

Thiel menyoroti perbedaan mencolok dalam hal akses modal dan pembiayaan peralatan antara penambang kecil dan besar dalam siklus pasar penambangan saat ini.

Baca juga: Bitcoin Siap Melonjak? Kesulitan Penambangan Capai Rekor Tertinggi!

Penambang besar memiliki peluang untuk mengumpulkan modal, sementara penambang kecil kesulitan untuk berkembang karena keterbatasan akses terhadap opsi pembiayaan.

Kondisi ini diperkirakan akan semakin memburuk setelah halving Bitcoin. Penambang kecil akan semakin tertekan secara finansial, yang pada akhirnya akan memungkinkan penambang besar untuk mengkonsolidasikan industri.

Strategi Ekspansi Marathon Digital untuk Menghadapi Halving Bitcoin

Menyadari tantangan yang akan dihadapi oleh penambang kecil, Marathon Digital telah mengambil langkah strategis untuk memperkuat posisinya. Perusahaan telah menyelesaikan dua akuisisi dan berencana untuk terus mengakuisisi aset di masa mendatang.

Marathon baru-baru ini mengumumkan akuisisi fasilitas penambangan Bitcoin di Texas dari Applied Digital senilai sekitar $87 juta secara tunai. Fasilitas ini terletak berdekatan dengan ladang angin dan memiliki kapasitas 200 megawatt (MW).

Sebelumnya, pada bulan Januari, perusahaan juga menyelesaikan akuisisi dua fasilitas penambangan di Texas dan Nebraska.

Transaksi senilai total sekitar $179 juta ini mengamankan kapasitas penambangan sebesar 390 MW dan melibatkan pemutusan manajemen fasilitas oleh pesaing, Hut 8.

Baca juga: Marathon Digital Berencana Membeli Pusat Penambangan Bitcoin 200MW Senilai $87,3 juta!

Marathon Catatkan Pendapatan Tertinggi pada Tahun 2023

Di tengah persiapan menghadapi halving Bitcoin, Marathon Digital berhasil membukukan kinerja keuangan yang mengesankan pada tahun 2023.

Perusahaan mencatatkan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah, yaitu $387,5 juta, meningkat 229% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan pendapatan ini terutama didorong oleh peningkatan harga Bitcoin dan peningkatan kapasitas penambangan perusahaan. Marathon Digital berhasil menambang 1.592 Bitcoin pada tahun 2023, naik signifikan dari 313 Bitcoin pada tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, halving Bitcoin yang akan datang diperkirakan akan membawa dampak yang signifikan bagi industri penambangan kripto. Penambang kecil akan menghadapi tekanan finansial yang berat, sementara penambang besar akan semakin memperkuat posisi mereka.

Marathon Digital telah mengambil langkah strategis untuk menghadapi tantangan ini dan berhasil membukukan kinerja keuangan yang mengesankan pada tahun 2023.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Conversation