Inisiatif Mining Bitcoin di Argentina Memanfaatkan Gas Sisa Industri Minyak

Inisiatif Mining Bitcoin di Argentina Memanfaatkan Gas Sisa Industri Minyak

Tahukah Anda bahwa gas sisa yang biasanya terbuang sia-sia di ladang minyak dapat diubah menjadi tenaga untuk menambang Bitcoin? Di Argentina, Unblock Global telah memulai sebuah proyek yang menarik dengan menghimpun investasi sebesar $15 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk memanfaatkan gas sisa dari Vaca Muerta, salah satu cadangan gas serpih terbesar di dunia, untuk mendukung operasi penambangan Bitcoin mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Investasi yang Mengubah Masa Depan Energi

Unblock Global, sebuah entitas yang bergerak di bidang penambangan Bitcoin, telah berhasil mengumpulkan investasi sebesar $15 juta. Investasi ini direncanakan untuk memaksimalkan pemanfaatan gas sisa dari Vaca Muerta, yang selama ini belum termanfaatkan dengan efisien.

Dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan energi ternama seperti Crusoe Energy, Pampa Energia, dan Petrocuyo, Unblock Computos, cabang dari Unblock Global, telah menunjukkan kemungkinan signifikan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Tomas Ocampo, salah satu pendiri Unblock, menyatakan bahwa proyek ini akan memungkinkan ekstraksi minyak senilai $200 juta dari Vaca Muerta dengan tingkat emisi yang lebih rendah.

Baca Juga: Kandidat Gubernur Bank Sentral Argentina Menolak Jabatan: Alasan Ekonomi Negara Rumit?

Gas Pembakaran: Masalah atau Peluang?

miner argentina
Sumber: National Today

Gas pembakaran atau flared gas adalah fenomena umum dalam industri minyak, di mana gas berlebih yang tidak dapat disalurkan ke jaringan pipa karena berbagai alasan, termasuk kapasitas, transmisi, atau permintaan yang rendah, biasanya dibakar ke atmosfer.

Meskipun pembakaran gas ini merupakan langkah untuk mengurangi risiko penumpukan gas dan mencegah pelepasan metana langsung ke atmosfer, proses ini masih menghasilkan emisi karbon dioksida dan polutan lain.

Namun, penambangan Bitcoin, yang memerlukan konsumsi energi yang besar, menawarkan solusi inovatif dengan memanfaatkan energi yang terbuang ini, yang hanya membutuhkan pasokan listrik dan akses internet.

Baca Juga: Presiden Baru Argentina, Milei, Siap Dorong Adopsi Crypto!

Pujian dari Duta Besar AS

Inisiatif ini mendapat sambutan hangat dari Marc Stanley, Duta Besar AS untuk Argentina. Melalui platform media sosial, ia menyampaikan antusiasmenya terhadap kolaborasi antara perusahaan-perusahaan dari Amerika dan Argentina dalam mengatasi masalah lingkungan.

Stanley mengapresiasi kecerdikan yang ditunjukkan oleh Crusoe dan Unblock yang telah “menemukan metode untuk mengubah metana menjadi listrik”. Proyek ini tidak hanya berpotensi mengurangi emisi, tetapi juga membuka jalan bagi pemanfaatan energi terbarukan.

Inisiatif berani dari Unblock Global dalam memanfaatkan gas sisa untuk penambangan Bitcoin di Argentina menandai era baru dalam industri crypto dan energi terbarukan. Langkah ini tidak hanya mengurangi dampak negatif dari gas pembakaran tetapi juga mengeksplorasi kemungkinan sinergi antara sektor energi dan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: