Tahun 2024 Jadi Momen Kebangkitan Dana Ventura di Dunia Crypto? Ini Faktanya!

Tahun 2024 Jadi Momen Kebangkitan Dana Ventura di Dunia Crypto? Ini Faktanya!

Meski pemulihan dana ventura di sektor crypto mulai terlihat, investor tetap selektif dan modal yang beredar masih terbatas. Dengan pasar yang semakin membaik, para pelaku industri crypto berharap akan ada peningkatan dalam pendanaan startup. Namun, tantangan masih ada, terutama bagi perusahaan tahap awal yang mencari suntikan dana.

Seleksi Ketat Investor Crypto

Investor kini lebih cermat dalam memilih startup crypto yang siap berkembang. Carlos Pereira dari BitKraft Ventures menekankan bahwa fokus mereka adalah pada peluang yang likuid atau siap diluncurkan.

Pereira juga menambahkan bahwa sektor gaming Web3 menunjukkan pemulihan yang kuat di kuartal keempat tahun 2023, dengan pasar yang diperkirakan mencapai $330 miliar. Sementara itu, Adam Struck dari Struck Capital mengungkapkan bahwa dana ventura cenderung mencari bisnis dengan model yang telah terbukti dan siap untuk tumbuh.

Baca Juga: Skandal Keuangan Terungkap! Apa Dampaknya pada Dunia Crypto?

Struck juga memprediksi tahun yang positif bagi industri gaming dan keuangan terdesentralisasi (DeFi), dengan lebih banyak modal institusional yang diperkirakan akan mengalir ke blockchain.

Kapital Masih Terbatas

bitkraft crypto
InvestGame

Meskipun ada tanda-tanda pemulihan, modal yang tersedia masih jauh dari siklus bull sebelumnya. BitKraft mengumpulkan $220,6 juta untuk dana token keduanya pada tahun 2023, yang masih di bawah target $240 juta. Dana ini diharapkan akan digunakan di sektor teknologi informasi dan gaming.

Data dari DefiLlama menunjukkan bahwa setidaknya $5,7 miliar telah dialokasikan untuk bisnis crypto pada tahun 2023. Salah satu startup crypto yang mendapatkan pendanaan tahun lalu adalah Lolli, yang menawarkan penghargaan Bitcoin dan cash-back kepada pembeli melalui retailer seperti Ulta Beauty, Groupon, dan Booking.com.

Strategi Startup di Tengah Ketatnya Modal

Alex Adelman, CEO Lolli, percaya bahwa startup masih bisa berkembang di lingkungan saat ini. Dia menekankan bahwa penurunan pasar crypto telah membantu membedakan perusahaan dengan model bisnis yang berkelanjutan. Adelman menyarankan agar startup menghindari pendanaan yang berlebihan atau terlalu mahal.

Adelman merekomendasikan agar startup yang mencari dana pada tahun 2024 harus strategis. Mereka harus hanya membawa masuk jumlah uang yang mereka butuhkan untuk mencapai fase pertumbuhan berikutnya. Ini akan membantu mereka bertahan dalam kondisi pasar yang ketat.

Paragraf Penutup

Tahun 2024 mungkin menjadi titik balik bagi dana ventura di sektor crypto, dengan investor yang lebih selektif dan startup yang harus lebih strategis dalam mengumpulkan dana. Meskipun tantangan masih ada, ada optimisme bahwa pemulihan akan terus berlanjut dan membawa peluang baru bagi industri ini.

Baca Juga: Virginia Buka Jalan Kebebasan Bertransaksi dengan Crypto, Apa Saja Keuntungannya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi