Fidelity: “Penurunan Suku Bunga The Fed Berpotensi Menguntungkan DeFi dan Stablecoin”

Fidelity: “Penurunan Suku Bunga The Fed Berpotensi Menguntungkan DeFi dan Stablecoin”

Informasi terkini dari dunia finansial digital menunjukkan bahwa kebijakan pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve AS berpotensi memberikan dampak positif pada pertumbuhan crypto, khususnya pada sektor DeFi dan stablecoin.

Fidelity, salah satu manajer aset papan atas, memproyeksikan bahwa tahun 2024 akan menjadi titik balik bagi kedua sektor tersebut, terutama jika infrastruktur yang ada semakin berkembang dan suku bunga pasar konvensional kembali turun. Simak beritanya disini!

DeFi Menarik Perhatian Institusi Keuangan

defi menarik institusi keuangan
Sumber: Saucer Swap Labs

Fidelity menggarisbawahi bahwa walaupun pada tahun 2023 institusi keuangan cenderung enggan terlibat dalam DeFi akibat peningkatan suku bunga oleh Fed, situasi di tahun 2024 berpotensi berubah.

Penurunan suku bunga oleh Fed bisa menjadikan imbal hasil DeFi lebih menarik dibandingkan dengan instrumen finansial konvensional yang dianggap lebih aman. Peningkatan pada infrastruktur DeFi yang lebih intuitif dan keamanan yang ditingkatkan terhadap serangan siber diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran institusi terhadap risiko yang terkait dengan kontrak pintar.

Baca Juga: Market Menghijau, 3 Faktor Pendukung Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/1/24)!

Dengan adanya peraturan terbaru dari Financial Accounting Standards Board AS yang memperbolehkan perusahaan untuk melaporkan untung rugi dari aset crypto mereka, Fidelity memprediksi bahwa perusahaan akan lebih terbuka untuk memasukkan aset digital dalam laporan keuangan mereka. Ini bisa menjadi pintu masuk bagi adopsi DeFi yang lebih meluas di kalangan perusahaan besar.

Stablecoin: Masa Depan Transaksi Keuangan

penelitian stablecoin s&p global
Sumber: PYMNTS

Stablecoin, khususnya yang terpegar pada dolar AS, diperkirakan akan menjadi pusat perhatian dalam adopsi oleh institusi pada tahun 2024. Fidelity menilai bahwa penggunaan stablecoin oleh lembaga keuangan konvensional untuk tujuan penyelesaian transaksi akan menambah legitimasi aset digital ini.

Diperkirakan bahwa sektor pembayaran, pengiriman uang, dan perdagangan lintas negara akan menjadi tiga bidang utama yang akan melihat peningkatan penggunaan stablecoin, berkat efisiensi biaya dan kecepatan transaksi yang ditawarkannya.

Baca Juga: Kolaborasi Pendle dan EtherFi: Menciptakan Gebrakan Baru di Dunia Crypto!

Fidelity juga berpendapat bahwa akan ada kerangka kerja regulasi yang lebih terdefinisi, yang akan memberikan kepastian yang lebih besar bagi pasar. Prediksi ini menambah optimisme bahwa stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) akan tetap mempertahankan posisi dominan mereka di tahun 2024.

Kesimpulan

Dengan kemungkinan adanya pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve, tahun 2024 diproyeksikan sebagai periode yang menggembirakan untuk pertumbuhan DeFi dan stablecoin. Fidelity menyarankan bahwa ini adalah kesempatan bagi institusi untuk meninjau kembali DeFi sebagai pilihan investasi yang menguntungkan dan bagi stablecoin untuk mengukuhkan peran mereka sebagai instrumen transaksi keuangan di masa yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: