Tunjuk Pro Crypto Sebagai Pemimpin, Alibaba Siap ‘Bermain’ Crypto?

author:

Array

Tunjuk Pro Crypto Sebagai Pemimpin, Alibaba Siap ‘Bermain’ Crypto?

Alibaba, raksasa teknologi asal China, baru saja mengumumkan pergantian kepemimpinan dengan menunjuk Joseph Tsai, salah satu pendiri dan pendukung crypto, sebagai Chairman baru.

Tsai akan menggantikan Daniel Zhang yang telah lama menjabat sebagai Chairman di Alibaba. Menurut laporan, pergantian ini akan berlaku efektif pada 10 September 2023.

Joseph Tsai, Pendukung Crypto yang Menjadi Chairman Alibaba

Joseph Tsai, salah satu pendiri Alibaba, akan mengambil alih peran sebagai Chairman pada bulan September 2023 mendatang. Tsai dikenal sebagai pendukung crypto dan telah aktif berinvestasi di ruang Web3. Kehadirannya di puncak salah satu institusi terbesar di China mungkin menjadi sinyal bahwa Alibaba sedang memposisikan diri untuk menerima realitas baru Web3 dan crypto di China.

pemimpin alibaba pro crypto
Twitter

Tsai pertama kali mengumumkan minatnya di ruang Web3 pada Desember 2021 lalu dengan tweet singkat “Saya suka crypto“. Sejak saat itu, ia telah menjadi investor aktif di ruang ini. Blue Pool Capital, yang digunakan Tsai sebagai kantor keluarganya, adalah pemegang saham minoritas di FTX, seperti yang dilaporkan oleh South China Morning Post pada Januari 2023, berpartisipasi dalam dua putaran penggalangan dana.

Baca juga: Revolusioner! Open Campus Kucurkan Dana untuk Pendidikan Web3 Senilai Rp149 Miliar

Tidak hanya itu, Tsai juga diketahui terlibat dalam investasi yang lebih dikenal, seperti putaran Polygon pada Februari 2022, platform olahraga fantasi Web3 Fast Break Labs, dan putaran Artifact Labs Mei 2023.

Pergantian Kepemimpinan dan Restrukturisasi Alibaba

alibaba luncurkan chatbot
Sumber: The Drum

Pergantian kepemimpinan ini datang saat Alibaba sedang melakukan reorganisasi diri menjadi beberapa unit, memisahkan layanan teknologinya dari divisi ritel. Eddie Wu, yang saat ini menjabat sebagai chairman divisi perdagangan online inti Alibaba, Taobao dan Tmall, akan mengambil alih sebagai CEO perusahaan.

Restrukturisasi ini merupakan bagian dari upaya Alibaba untuk menciptakan keluarga pemimpin mandiri dalam bisnis mulai dari komputasi awan dan logistik hingga perdagangan internasional. Namun, di dalam komunitas crypto, hal ini telah memicu spekulasi bahwa langkah tersebut mungkin menandakan niat Alibaba untuk merangkul Web3 dan crypto di China.

Meski demikian, keyakinan bahwa China sedang hangat-hangatnya dengan crypto masih harus dilihat lebih lanjut. Hong Kong, sebuah Wilayah Administratif Khusus negara tersebut yang saat ini menikmati beberapa otonomi, telah mengajukan daftar aturan crypto untuk memungkinkan perdagangan aset digital berlisensi.

Pandangan China terhadap Crypto dan Web3

Sementara itu, Beijing mendefinisikan Web3 sebagai internet yang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan, blockchain, chip komputasi yang lebih cepat, dan jaringan yang lebih tahan. Ini adalah versi ketiga dari internet, bukan sesuatu yang identik dengan crypto.

Alibaba mungkin mengetahui sesuatu yang tidak diketahui dan ingin tim eksekutif yang siap untuk crypto di China. Ini juga bisa jadi perusahaan hanya memindahkan eksekutif dan menempatkan salah satu pendirinya di puncak.

Baca juga: Swedia Luncurkan ‘Buttcoin’, Buang Puntung Rokok Bisa Dapat Crypto!

Namun, apa pun alasan di balik pergantian kepemimpinan ini, kehadiran Tsai sebagai Chairman baru Alibaba yang mendukung crypto tentunya akan membawa dampak yang signifikan bagi perusahaan dan mungkin juga bagi industri crypto di China.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Array