Hampir 90% Pemilik Crypto di California Dukung Kandidat Pro-Crypto, Ternyata Ini Alasannya!

author:

Hampir 90% Pemilik Crypto di California Dukung Kandidat Pro-Crypto, Ternyata Ini Alasannya!

Di tengah maraknya diskusi tentang regulasi crypto, sebuah temuan mengejutkan muncul dari California.

Hampir 90% pemilik crypto di negara bagian ini ternyata lebih memilih untuk mendukung kandidat politik yang pro-crypto. Fenomena ini bukan hanya sekedar tren, tapi juga menandakan pergeseran besar dalam dinamika politik dan ekonomi.

Kesadaran Politik Pemilik Crypto

Studi yang dilakukan oleh Toluna untuk Coinbase mengungkapkan bahwa sekitar 27% dewasa di California, atau sekitar 8,2 juta orang, adalah pemilik crypto.

Menariknya, 40% dari mereka berusia antara 18-34 tahun, menunjukkan bahwa generasi muda sangat terlibat dalam ekosistem crypto.

Baca juga: Gubernur Bank Sentral Selandia Baru Sebut Stablecoin Sebagai “Kekeliruan Terbesar”

Kesadaran politik di kalangan pemilik crypto ini sangat tinggi. Hampir 80% dari mereka menyatakan kemungkinan mendukung kandidat politik yang pro-crypto. Ini menunjukkan bahwa isu crypto tidak hanya penting dari segi ekonomi, tapi juga telah menjadi bagian dari pertimbangan politik.

Dampak Crypto terhadap Sistem Keuangan

crypto potensial februari 2024
Generated by AI

Pemilik crypto di California percaya bahwa sistem keuangan global saat ini memerlukan reformasi.

Sebanyak 86% dari mereka setuju dengan pernyataan ini, dan hampir tujuh dari sepuluh orang merasa sistem saat ini “menguntungkan kepentingan kuat dan merugikan kemampuan mereka untuk membangun kekayaan”.

Sentimen ini mendorong dukungan yang kuat terhadap teknologi disruptif seperti crypto dan blockchain. Sebanyak 78% responden berpendapat bahwa pembuat kebijakan harus mendukung teknologi baru ini, menunjukkan keinginan kuat untuk inovasi dalam sistem keuangan.

Baca juga: Sorotan Pasar Crypto Hari Ini (12/2/24), Simak Selengkapnya!

Crypto sebagai Faktor Pengaruh Politik

Keterlibatan pemilik crypto dalam politik tidak hanya terbatas pada dukungan terhadap kandidat pro-crypto. Data dari Morning Consult yang digunakan Coinbase menunjukkan bahwa pemilik crypto di California berpotensi besar mempengaruhi pemilihan tahun 2024.

Kenyataan bahwa hampir 90% pemilik crypto di California mendukung kandidat pro-crypto menandakan bahwa isu crypto bisa menjadi faktor penentu dalam pemilihan mendatang. Ini menunjukkan bahwa politisi perlu mempertimbangkan posisi mereka terhadap crypto jika ingin menarik suara dari demografis ini.

Secara keseluruhan, dinamika politik dan ekonomi di California menunjukkan pergeseran signifikan dengan semakin banyaknya pemilik crypto yang menggunakan suara mereka untuk mendukung kandidat yang memahami dan mendukung inovasi dalam teknologi keuangan.

Fenomena ini bukan hanya menunjukkan kekuatan crypto sebagai aset, tapi juga sebagai gerakan sosial yang mempengaruhi kebijakan dan politik.

Seiring waktu, kita mungkin akan melihat lebih banyak kandidat politik yang mengadopsi platform pro-crypto untuk menarik pemilih muda dan teknologi-savvy.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: PYMNTS