Dihuni Oleh 15,2 Juta Investor Crypto, Siapakah Pemilik Bitcoin Terbanyak di Indonesia?

Dihuni Oleh 15,2 Juta Investor Crypto, Siapakah Pemilik Bitcoin Terbanyak di Indonesia?

Bitcoin telah menjadi mata uang crypto yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ada banyak penggemar Bitcoin di Indonesia yang memegang jumlah Bitcoin yang signifikan. Namun, sulit untuk mengetahui dengan pasti siapa pemilik Bitcoin terbanyak di Indonesia, karena karakteristik anonimitas dari Bitcoin membuat sulit untuk melacak kepemilikan.

Meskipun demikian, Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan pengguna aset crypto dengan jumlah yang besar di dunia.

Mengapa banyak masyarakat Indonesia miliki aset crypto dan seperti apakah perkembangan crypto di Indonesia? Simak informasinya berikut ini.

Sebanyak 41% Orang Indonesia Miliki Aset Crypto

Sebanyak 41% Orang Indonesia Miliki Aset Crypto
Gemini

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh crypto exchange Gemini, kepemilikan aset crypto di Indonesia termasuk yang tertinggi secara global karena banyak investor di negara tersebut melihat aset digital sebagai perlindungan terhadap inflasi di masa depan.

Baca Juga: Indonesia Summit 2022: Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Crypto Global

Studi berjudul “Global State of Crypto Report” tersebut menemukan bahwa 41% orang Indonesia, berusia antara 18 dan 75 tahun dengan pendapatan lebih dari $14.000 atau setara dengan Rp209,5 juta per tahun ($1 = Rp14.971), memiliki aset crypto.

Sebanyak 61% Responden Indonesia Setuju Crypto Merupakan Uang Masa Depan

Lebih lanjut, studi tersebut menemukan bahwa 61% responden Indonesia setuju dengan anggapan bahwa crypto adalah uang masa depan.

Cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan Solana menjadi daya tarik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Sebanyak 61% Responden Indonesia Setuju Crypto Merupakan Uang Masa Depan
Gemini

Selain itu, menurut survei yang dilakukan oleh Gemini disebutkan bahwa sebanyak 51% pemilik crypto di Indonesia adalah wanita.

Dikutip dari laman MPR, data dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti) menunjukkan bahwa jumlah investor crypto di Indonesia meningkat lebih dari 2 kali lipat pada tahun 2023 menjadi lebih dari 15,2 juta orang dibandingkan data pada tahun 2021.

Sebagai perbandingan, jumlah investor pasar saham Indonesia hanya sekitar 7 juta orang saja.

Menyikapi tingginya minat masyarakat indonesia terhadap crypto membuat pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengakomodasi pengembangan mata uang crypto sebagai bagian dari strategi yang lebih besar untuk mengubah ekonomi digital negara.

Bicara soal kebijakan pemerintah Indonesia dan crypto, berapakah besarnya pajak crypto di Indonesia? Simak informasi selengkapnya mengenai Perkembangan Cryptocurrency di Indonesia 2021 di sini.

Kesimpulan

Penting untuk dicatat bahwa informasi tentang kepemilikan Bitcoin sangat sulit untuk dipastikan karena anonimitas Bitcoin dan sulitnya melacak kepemilikan Bitcoin.

Beberapa orang yang dikenal sebagai “pengguna besar” Bitcoin mungkin hanya memegang sebagian kecil dari total pasokan Bitcoin, sementara beberapa orang yang tidak dikenal bisa saja memiliki jumlah Bitcoin yang signifikan.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: