Pemerintah Kanada Berencana Memperketat Aturan Pelaporan Kripto Mulai Tahun 2027

author:

Pemerintah Kanada Berencana Memperketat Aturan Pelaporan Kripto Mulai Tahun 2027

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Kanada baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memperketat aturan pelaporan aset kripto di negara tersebut.

Aturan baru ini akan mulai berlaku pada tahun 2027 dan akan mewajibkan penyedia layanan kripto untuk melaporkan informasi transaksi dan data pelanggan yang lebih lengkap kepada otoritas pajak Kanada, yaitu Canada Revenue Agency (CRA).

Kebijakan Pelaporan Kripto yang Lebih Ketat

Aturan pelaporan kripto yang baru ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Kanada untuk meningkatkan kepatuhan pajak dan mencegah penghindaran pajak menggunakan aset kripto.

Baca juga: RUU Baru Senator AS Larang Stablecoin Algoritmik, Bagaimana Nasibnya?

Lebih lanjut, aturan ini didasarkan pada Crypto-Asset Reporting Framework (CARF) yang disetujui oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada bulan Agustus.

CARF mewajibkan penyedia layanan kripto untuk melaporkan informasi transaksi kripto yang melibatkan pertukaran antara kripto dan mata uang fiat, pertukaran antara berbagai kripto, dan transfer kripto.

Selain itu, penyedia layanan kripto juga harus melaporkan informasi spesifik tentang pelanggan mereka, seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, tanggal lahir, yurisdiksi tempat tinggal, dan nomor identifikasi wajib pajak.

Dampak terhadap Penyedia Layanan Kripto

Aturan pelaporan kripto yang baru ini akan berdampak signifikan terhadap penyedia layanan kripto di Kanada. Mereka harus melakukan penyesuaian pada sistem dan prosedur mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat memenuhi persyaratan pelaporan yang baru.

Selain itu, mereka juga harus mengalokasikan sumber daya tambahan untuk memenuhi biaya pelaporan yang lebih tinggi. Namun, di sisi lain, aturan pelaporan kripto yang baru ini juga dapat memberikan manfaat bagi penyedia layanan kripto.

Dengan adanya aturan yang lebih jelas dan konsisten, mereka dapat beroperasi dengan lebih percaya diri dan mengurangi risiko terkena sanksi hukum.

Baca juga: Coinbase Menguasai Pasar Kanada: Langkah Strategis di Tengah Ketidakpastian Regulasi AS!

Langkah Pemerintah Kanada untuk Mengatur Kripto

Peraturan pelaporan kripto ini merupakan bagian dari langkah pemerintah Kanada untuk mengatur industri kripto di negara tersebut. Sebelumnya, pada bulan Januari 2024, regulator sekuritas Kanada telah mengusulkan aturan baru untuk dana investasi publik yang berinvestasi pada aset kripto.

Aturan tersebut membatasi pembelian, penjualan, dan penyimpanan aset kripto secara langsung hanya untuk reksa dana alternatif dan dana investasi yang tidak dapat ditebus.

Pemerintah Kanada juga berencana untuk memperkenalkan undang-undang baru yang mengatur aset kripto pada tahun 2024. Undang-undang tersebut akan memberikan kerangka hukum yang jelas untuk industri kripto dan melindungi investor dari risiko penipuan dan penyalahgunaan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Modern Consensus