Pemerintah India Di Bawah Tekanan, UPI untuk Crypto Harus Dikembalikan!

Pemerintah India Di Bawah Tekanan, UPI untuk Crypto Harus Dikembalikan!

Meskipun awalnya diabaikan di India, cryptocurrency kini mendapatkan perhatian besar, terutama dengan perubahan sikap pemerintah terhadap aset digital virtual (VDA). Namun, pemotongan layanan UPI untuk exchange crypto telah menimbulkan kekhawatiran dan tantangan besar bagi industri ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sejarah Singkat Crypto di India

sejarah crypto di india
Sumber: Nikkei Asia

Awalnya, cryptocurrency hampir tidak mendapat perhatian di India. Namun, dengan meningkatnya penggunaan crypto baik di India maupun internasional, pemerintah mulai mengubah pandangannya terhadap VDA.

Pada tahun 2022, pemerintah India mengimplementasikan mandat besar berupa pajak langsung sebesar 30% dan TDS sebesar 1%. Namun, ada kekhawatiran mengenai pertukaran internasional yang beroperasi di luar regulasi India, yang mengakibatkan pengumpulan pajak yang lebih rendah.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, pemerintah mengesahkan Prevention of Money Laundering Act (PMLA), yang mengharuskan pembeli dan penjual crypto melaporkan aktivitas mereka untuk tujuan pajak dan pengungkapan.

Baca Juga: India Luncurkan Browser Web Nasional dengan Fitur Tanda Tangan Digital Berbasis Token Crypto!

Tantangan UPI dan Dampaknya bagi Exchange Crypto

upi exchange crypto
Sumber: Akun X Karti P Chidambaram

Lembaga keuangan belum berkolaborasi dengan pertukaran kripto untuk memfasilitasi konversi Rupee India (INR). NPCI mengeluarkan edaran pada April 2022, menyatakan ketidaktahuan mereka tentang pembayaran kripto menggunakan UPI.

Akibatnya, penyedia platform UPI menghentikan layanan untuk exchange crypto, yang menyebabkan banyak exchange menutup integrasi perbankan mereka.

Meskipun Coinbase menghentikan dukungan UPI pada April 2022, beberapa exchange crypto India telah kembali menerima deposit dalam rupee.

Baca Juga: Gempuran Dolar AS Melemah! India dan UAE Capai Kesepakatan Perdagangan, Akankah Crypto Dilirik?

Desakan MP Karti P. Chidambaram

MP Karti P. Chidambaram menyoroti tantangan yang dihadapi sektor Web3 dalam mengintegrasikan jalur pembayaran, khususnya penolakan penggunaan UPI untuk VDA.

Chidambaram menekankan pentingnya mekanisme pembayaran yang kuat, seperti UPI, untuk pertumbuhan dan keberhasilan ekosistem VDA.

Kurangnya konsistensi dalam pembayaran pengguna telah menyebabkan kesulitan operasional bagi penyedia layanan aset virtual (VASPs), membuatnya sulit untuk melakukan transaksi terkait VDA tanpa UPI.

Kehadiran UPI sangat penting bagi pertumbuhan ekosistem VDA di India. Dengan desakan dari berbagai pihak, termasuk MP Karti P. Chidambaram, mata sekarang tertuju pada Kementerian Keuangan India untuk membuat perubahan yang diperlukan guna mendukung pertumbuhan India di domain Web3.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: