Pemerintah AS Pindahkan $922 Juta Bitcoin yang Disita Setelah Harga BTC Tembus $60.000!

Pemerintah AS Pindahkan $922 Juta Bitcoin yang Disita Setelah Harga BTC Tembus $60.000!

Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah memindahkan Bitcoin senilai $922 juta dari dua dompet mata uang kripto yang menyimpan dana yang disita dari Bitfinex pada tahun 2016. Pemindahan ini terjadi pada hari yang sama ketika Bitcoin (BTC) menembus $60.000 untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun pada tanggal 28 Februari.

Bitcoin naik 5,52% dalam 24 jam dan diperdagangkan pada $62.507. Mata uang kripto pertama di dunia ini telah naik lebih dari 20% dalam seminggu terakhir. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pemerintah AS Pindahkan Bitcoin yang Disita

Pemindahan pertama, senilai hanya 1 Bitcoin ($60.200 selama pemindahan), terjadi pada pukul 3:39 sore pada tanggal 28 Februari. Tak lama setelah itu, dompet berlabel pemerintah AS mengirimkan transaksi kedua senilai 2.817 Bitcoin ($172,74 juta), transaksi ketiga senilai 0,01 Bitcoin ($613,35), dan transaksi keempat senilai 12.267 Bitcoin ($748,46 juta), menurut data Arkham Intelligence.

transfer dompet pemerintah as
Transfer dompet Bitcoin pemerintah AS. Sumber: Arkham Intelligence

Pemerintah menyita dana tersebut pada tahun 2016 setelah Bitfinex diretas dan kehilangan sekitar 119.754 BTC, yang bernilai lebih dari $7,4 miliar pada harga saat ini. Pemindahan ini terjadi sehari setelah Ilya Lichtenstein, seorang peretas yang mencuri dan mencuci lebih dari $4,5 miliar Bitcoin dari bursa Bitfinex, muncul di pengadilan Washington dan merinci bagaimana ia melakukan salah satu pencurian Bitcoin terbesar di dunia.

Baca Juga: Skandal Bitcoin Senilai $116 Juta: Pengungkapan Aset Tersembunyi “Xanaxman”

Keterlibatan Ilya Lichtenstein dan Heather Morgan

Lichtenstein dilaporkan mengatakan kepada juri pada tanggal 27 Februari bahwa ia memiliki akses ke sistem Bitfinex selama beberapa bulan dan juga meretas akun individu di bursa lain seperti Coinbase dan Kraken, menurut laporan Bloomberg. Lichtenstein dan istrinya yang seorang rapper, Heather Morgan (juga dikenal sebagai Razzlekhan), ditangkap pada bulan Februari 2022.

Saat itu, pemerintah AS menuduh mereka bersekongkol untuk mencuci $4,5 miliar Bitcoin yang diretas, di mana pemerintah menyita $3,6 miliar dalam penyitaan keuangan terbesar dalam sejarah.

Pemerintah menyita tambahan $475 juta Bitcoin pada tanggal 3 Agustus 2022. Lichtenstein dan istrinya mengaku bersalah atas konspirasi pencucian uang sehubungan dengan peretasan Bitfinex pada bulan Agustus 2023. Amazon dilaporkan telah mulai membuat film tentang pencuci uang Bitfinex. Naskahnya dilaporkan akan terinspirasi oleh artikel tahun 2022 tentang pasangan itu di The New York Times, yang menjuluki mereka sebagai “Bonnie and Clyde Bitcoin.”

Kesimpulan

Pemindahan Bitcoin senilai $922 juta oleh pemerintah AS dari dompet yang menyimpan dana yang disita dari Bitfinex pada tahun 2016 menjadi sorotan. Pemindahan ini terjadi pada hari yang sama ketika Bitcoin menembus $60.000 untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun.

Lichtenstein, seorang peretas yang mencuri dan mencuci lebih dari $4,5 miliar Bitcoin dari bursa Bitfinex, telah muncul di pengadilan Washington dan merinci bagaimana ia melakukan salah satu pencurian Bitcoin terbesar di dunia.

Lichtenstein dan istrinya, Heather Morgan, ditangkap pada bulan Februari 2022 dan mengaku bersalah atas konspirasi pencucian uang sehubungan dengan peretasan Bitfinex pada bulan Agustus 2023.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi