Pemerintah Amerika Serikat Kini Jadi Pemilik Bitcoin Terbesar dengan Nilai Fantastis $5.3 Miliar!

author:

Pemerintah Amerika Serikat Kini Jadi Pemilik Bitcoin Terbesar dengan Nilai Fantastis $5.3 Miliar!

Pemerintah Amerika Serikat kini menjadi salah satu pemegang Bitcoin terbesar di dunia. Dengan total sekitar 194,188 BTC, nilai koleksi digital ini mencapai angka fantastis $5.3 miliar!

Bagaimana Pemerintah AS Mengumpulkan Bitcoin?

Menurut analisis data berdasarkan pengajuan publik, perusahaan crypto 21.co memperkirakan bahwa pemerintah AS masih memiliki 194,188 BTC, yang diperkirakan bernilai $5.3 miliar. Perusahaan mencatat dalam analisisnya bahwa ini adalah “estimasi batas bawah kepemilikan pemerintah AS berdasarkan informasi yang tersedia untuk umum.”

Baca juga: 5 Pemilik Bitcoin (BTC) Terbanyak di Dunia, Siapa Saja Ya?

pemerintah amerika jadi pemegang bitcoin terbanyak
Kepemilikan Bitcoin pemerintah AS – Sumber: Dune

Menurut laporan, pemerintah AS mengumpulkan Bitcoin melalui serangkaian operasi besar yang melibatkan penangkapan dan penyitaan aset digital dari aktivitas ilegal. Salah satu operasi terbesar terjadi pada November 2020, ketika pemerintah berhasil menyita 69,369 BTC dari dompet digital yang terkait dengan Silk Road, pasar gelap online yang terkenal.

Selain itu, pada Januari 2022, pemerintah berhasil menyita 94,643 BTC yang terkait dengan peretasan Bitfinex. Operasi besar lainnya terjadi pada Maret 2022, ketika pemerintah berhasil menyita 51,326 BTC dari James Zhong.

pemerintah amerika jadi pemegang bitcoin terbanyak
Penyitaan Bitcoin utama oleh pemerintah AS. Sumber: Dune

Bitcoin yang disita ini tidak hanya mengambang di dunia digital. Mereka disimpan dengan aman dalam hardware wallet, perangkat yang dikenal dengan fitur keamanan yang kuat. Penyimpanan ini berada di bawah pengawasan ketat Departemen Kehakiman dan Internal Revenue Service.

Bagaimana Pemerintah AS Menjual Bitcoin?

Setelah Bitcoin disita, proses hukum yang rumit dimulai. Layanan Marshal AS, yang bertanggung jawab untuk melikuidasi aset seperti ini, menunggu lampu hijau dari pengadilan melalui putusan penyitaan.

Baca juga: Perilaku Whale Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH): Siapa yang Lebih Optimis?

Setelah itu, Bitcoin ini berubah menjadi properti pemerintah yang siap untuk dilelang. Menurut laporan, tersedia berbagai model dalam tradisi menjual Bitcoin. Investor miliarder Tim Draper contohnya, ia diketahui membeli 30,000 BTC dalam lelang pemerintah pada 2014.

Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan strategi pun muncul. Sekarang ini, pemerintah AS lebih memilih bursa crypto untuk penjualan daripada lelang publik. Salah satu transaksi semacam ini telah terjadi pada Maret tahun 2023, dengan transfer senilai 9,118 BTC melalui Coinbase.

Pada akhirnya, pendekatan pemerintah AS terhadap penahanan atau penjualan aset ini tidak statis. Hal ini bergantung pada perintah pengadilan. Lebih lanjut, fleksibilitas ini juga menunjukkan bahwa penanganan pemerintah terhadap cadangan Bitcoin sejalan dengan pertimbangan finansial dan hukum yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: