Pemerintah AS Menggerakkan $40 Juta BTC dan ETH yang Disita: Apakah Ini Mengganggu Pemulihan Harga?

author:

Pemerintah AS Menggerakkan $40 Juta BTC dan ETH yang Disita: Apakah Ini Mengganggu Pemulihan Harga?

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Amerika Serikat baru-baru ini terlihat menggerakkan aset crypto senilai $40 juta yang terdiri dari Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), yang disita dari dua warga negara Estonia pada tahun 2022.

Langkah ini terjadi di tengah periode turbulen bagi mata uang crypto utama, saat harga Bitcoin baru saja berhasil rebound di atas $67.000.

Dengan pasar yang dengan cermat mengawasi langkah selanjutnya dari pemerintah AS, spekulasi berkembang mengenai dampak potensial terhadap harga Bitcoin dan Ethereum.

Transfer Bitcoin dan Ethereum oleh Pemerintah AS

Sumber: X

Menurut Arkham Intelligence, pemerintah AS melakukan dua transfer berturut-turut pada hari itu untuk BTC dan ETH. Transfer pertama adalah 4.567 ETH senilai $15,21 juta, dan transfer kedua adalah 374 BTC senilai $24,80 juta ke dompet yang tidak diketahui.

Baca juga: Pemerintah AS Pindahkan $922 Juta Bitcoin yang Disita Setelah Harga BTC Tembus $60.000!

Diperkirakan bahwa penjualan eventual dari cadangan crypto yang disita oleh pemerintah AS dapat memberikan tekanan ke bawah pada harga Bitcoin dan Ethereum.

Influx Bitcoin dalam jumlah besar ke pasar dapat memicu tekanan jual, mempercepat penurunan harga saat ini.

Dampak Potensial pada Pemulihan Harga

Setelah anjlok lebih dari 11% dari level tertinggi baru-baru ini di $73,750.07, Bitcoin telah pulih secara signifikan. Pada saat artikel ini ditulis, harga BTC adalah $67,534.94, naik 2.58%.

Sementara itu, kapitalisasi pasar BTC mencapai $1,32 miliar. Sebaliknya, volume perdagangan anjlok 20,20% menjadi $30,11 miliar.

Namun, jika transfer Bitcoin dan Ethereum oleh pemerintah AS baru-baru ini dilakukan untuk aksi jual, rebound bisa jadi akan berlangsung singkat.

Selain itu, Michaël van de Poppe memperkirakan bahwa konsolidasi Bitcoin akan terus berlanjut dan tidak ada banyak kenaikan saat ini. Sebaliknya, ia memperkirakan lonjakan harga altcoin, yang dapat menguntungkan Ethereum meskipun ada potensi aksi jual.

Baca juga: Pendapatan Ethereum Melonjak Tiga Kali Lipat, Mencapai $369 Juta di Q1 2024!

Pada saat berita ini ditulis, harga ETH naik 1,35% menjadi $3,374.15 dengan kapitalisasi pasar sebesar $404,99 miliar. Sementara itu, volume perdagangan Ethereum merosot 24,82% menjadi $13,12 miliar dalam 24 jam terakhir (4/4/24).

Pemantauan Pasar dan Spekulasi

Pasar crypto dengan cermat memantau langkah selanjutnya dari pemerintah AS setelah transfer besar-besaran ini. Dengan spekulasi yang berkembang mengenai dampak potensial terhadap harga Bitcoin dan Ethereum, investor dan trader disarankan untuk tetap waspada dan melakukan penelitian pasar sebelum membuat keputusan investasi.

Langkah pemerintah AS ini menyoroti pentingnya memahami dinamika pasar dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi harga aset crypto.

Transfer $40 juta Bitcoin dan Ethereum oleh pemerintah AS menyoroti dinamika pasar crypto yang kompleks dan potensi dampak eksternal pada pemulihan harga.

Dengan pasar yang terus memantau, penting bagi investor untuk tetap terinformasi dan berhati-hati dalam navigasi pasar crypto yang volatil.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: