Perketat Pengawasan, Pemerintah AS Bakal Buat Subkomite Khusus Crypto!

Perketat Pengawasan, Pemerintah AS Bakal Buat Subkomite Khusus Crypto!

Dilansir dari Cointelegraph, Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dilaporkan berencana untuk meningkatkan pengawasan mereka terhadap industri crypto dengan pembentukan subkomite baru.

Ingin tahu seperti apa rencana DPR AS dalam perencanaan peningkatan pengawasan terhadap crypto? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pemerintah AS Akan Buat Subkomite Khusus Crypto

Pemerintah AS Akan Buat Subkomite Khusus Crypto
Patrick McHenry, Ketua Komite Jasa Keuangan DPR. Sumber: Politico

Pada 12 Januari 2023, menurut sebuah laporan yang diterbitkan dari Politico, Perwakilan North Carolina Patrick McHenry, ketua Komite Jasa Keuangan DPR, mengatakan dia berencana untuk membentuk subkomite dalam beberapa bagian.

Panel baru ini akan fokus pada masalah yang berkaitan dengan aset digital, teknologi keuangan dan inklusi keuangan, yang akan diketuai oleh Perwakilan Arkansas French Hill, dengan Perwakilan Ohio Warren Davidson menjabat sebagai wakil ketua.

“Kita harus menanggapi pengawasan dan pembuatan kebijakan pada kelas aset baru,”ujar McHenry, ketua Komite Jasa Keuangan DPR AS, dikutip dari Cointelegraph, Jumat (13/1/2023).

Keputusan legislatif yang dilaporkan itu merupakan salah satu langkah pertama yang dilakukan oleh Partai Republik DPR di Kongres ke-118 sejak partai politik itu mengambil kendali mayoritas majelis pada 3 Januari 2023.

Baca Juga: Survei JPMorgan: 43 Juta Orang Amerika Punya Aset Crypto, Apa Penyebabnya?

Keputusan Lanjutan Disampaikan di Kongres ke-118

Keputusan Lanjutan Disampaikan di Kongres ke-118
Kongres ke-118 Amerika Serikat. Sumber: NPR

Dilansir dari Cointelegraph, dalam 4 hari pertama di Kongress tersebut, anggota parlemen tidak bisa membuat aturan, membentuk komite, atau mengesahkan UU karena Partai Republik tidak bisa memilih Ketua DPR.

Butuh 15 putaran voting atau pemungutan suara sebelum Perwakilan California, Kevin McCarthy, secara resmi dapat memegang tongkat pimpinan.

Di bawah McHenry, Komite Jasa Keuangan DPR diperkirakan akan mengadakan sidang selanjutnya untuk mengeksplorasi penyebab runtuhnya exchange FTX. Komite pertama kali mengadakan ‘FTX hearing’ tentang masalah ini pada bulan Desember 2022, yang mana McHenry mengatakan pada saat itu anggota parlemen akan berkumpul lagi untuk membahas FTX di sekitar tahun 2023.

Terkait dengan industri crypto yang berkembang di Amerika Serikat, baru-baru ini di awal Januari 2023, 3 lembaga di AS resmi merilis pernyataan tentang aset crypto dan perbankan. Tidak hanya itu, pada saat yang sama muncul juga berita mengenai CEO Ripple yang optimis dengan terobosan baru regulasi crypto di AS.

Referensi: