Pembelian NFT CrypToadz Senilai $1,6 Juta Mengejutkan Komunitas Crypto! Apa yang Terjadi?

Pembelian NFT CrypToadz Senilai $1,6 Juta Mengejutkan Komunitas Crypto! Apa yang Terjadi?

Dalam sebuah peristiwa yang mengejutkan, pengguna anonim di pasar NFT OpenSea telah membeli NFT CrypToadz senilai $1,6 juta, setara dengan 1.055 Wrapped Ethereum (wETH). Pembelian ini telah membuat komunitas crypto bertanya-tanya, mengingat harga rata-rata untuk NFT CrypToadz biasanya tidak melebihi $1.000. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Harga yang Mengejutkan

lonjakan harga cryptoadz
Sumber: Texas Hedge

NFT yang dipertanyakan adalah bagian dari koleksi CrypToadz, yang menampilkan makhluk amfibi kecil dan berbintik-bintik, dan diciptakan oleh seniman digital yang bernama samaran Gremplin. Yang menarik, NFT ini dibeli hanya dua minggu sebelumnya dengan harga 0,95 ETH, sekitar $1.600.

Kenaikan nilai yang drastis, hingga seribu kali lipat, tentu saja telah menimbulkan pertanyaan di dalam komunitas NFT. Menambah lapisan kompleksitas pada transaksi ini adalah sumber dana. Pembelian ini dibiayai melalui dompet digital yang telah dikaitkan dengan rantai transaksi yang dianonimkan oleh layanan pencampuran koin Ethereum, Tornado Cash.

Baca Juga: “Forging Event” RTFKT x Nike Dunk Genesis: Dari NFT ke Sepatu Fisik!

Kontroversi Peran Tornado Cash dalam Transaksi NFT

transaksi nft cyptoadz
Sumber: NFTStats

Penggunaan Tornado Cash dalam transaksi ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang asal dan legitimasi dana yang terlibat. Tornado Cash telah dikaitkan dengan berbagai kasus pencucian dana, dan reputasinya telah dipertanyakan karena perannya dalam menyamarkan sumber dana.

Pada Juli 2023, hampir $60 juta dalam Ethereum, yang telah dicuri dari AnubisDAO dua tahun sebelumnya, dialirkan melalui Tornado Cash. Orang yang bertanggung jawab atas pencurian tersebut membagi dan mentransfer dana yang dicuri ke dalam transaksi 100 ETH, lebih lanjut menyoroti potensi penyalahgunaan layanan tersebut.

Komunitas crypto terbagi dalam interpretasinya terhadap pembelian NFT luar biasa ini. Sementara beberapa di Twitter telah menyarankan bahwa itu mungkin telah menjadi “kesalahan ketik” selama transaksi, yang lainnya curiga tentang kemungkinan perdagangan cuci.

Perbedaan harga yang signifikan dalam pembelian NFT CrypToadz, dikombinasikan dengan penggunaan Tornado Cash untuk anonimisasi, telah menimbulkan bayangan kecurigaan atas seluruh transaksi. Ini telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah akuisisi NFT CrypToadz adalah transaksi yang sah atau bagian dari skema yang lebih besar untuk money laundering.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: