Kompetisi Platform Pembayaran: Crypto Vs. Apple Pay

Kompetisi Platform Pembayaran: Crypto Vs. Apple Pay

Jakarta, Pintu News – Dalam dunia keuangan digital yang terus berkembang, perbandingan antara platform pembayaran crypto dan Apple Pay menjadi topik yang menarik. Stijn Paumen, CEO Helio, menggambarkan situasi saat ini di mana pembayaran crypto masih dalam tahap awal dan berusaha keras untuk menyaingi kemudahan dan kecepatan Apple Pay. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perbandingan Kinerja dan Adopsi

Apple Pay, dengan sistem tap-and-go yang efisien, telah menjadi benchmark dalam pembayaran digital cepat. Stijn Paumen dari Helio menekankan bahwa tantangan terbesar untuk pembayaran crypto adalah mencapai kecepatan dan kenyamanan yang serupa.

Meskipun teknologi blockchain menawarkan banyak keunggulan, seperti desentralisasi dan keamanan, ia masih terhambat oleh masalah skalabilitas dan kecepatan transaksi.

Platform seperti Helio sedang bekerja untuk memperkecil kesenjangan ini dengan memanfaatkan jaringan blockchain generasi kedua seperti Solana, yang menjanjikan transaksi lebih cepat. Namun, kendala teknis dan hambatan adopsi masih perlu diatasi agar dapat benar-benar bersaing dengan Apple Pay.

Baca Juga: Perlambatan Permintaan ETF Bitcoin di Tengah Lonjakan Harga Pasca-Halving

Masalah Kepraktisan dan Pengalaman Pengguna

maalah kepraktisan pembayaran
Sumber: Akun X Helio

Salah satu kelemahan utama pembayaran crypto dibandingkan dengan Apple Pay adalah tingkat kesulitan dalam penggunaan untuk konsumen rata-rata. Meskipun pengguna yang fasih dengan crypto mungkin menemukan sistem seperti Helio nyaman, mayoritas konsumen masih membutuhkan proses yang lebih sederhana dan intuitif.

Helio, di bawah kepemimpinan Paumen, berusaha meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyederhanakan proses pembayaran crypto sehingga dapat setara dengan melakukan tap dengan Apple Pay. Ini adalah langkah penting menuju meningkatkan penerimaan mainstream terhadap pembayaran crypto.

Baca Juga: Rencana Pembayaran Digital Afrika Selatan: Adopsi Stablecoin dan CBDC Ritel!

Integrasi dengan Platform E-commerce dan Potensi Masa Depan

Helio telah berhasil terintegrasi dengan Shopify dan WooCommerce, memfasilitasi transaksi crypto dalam skala yang lebih luas. Upaya ini adalah bagian dari strategi untuk membawa pembayaran crypto ke mainstream, mirip dengan bagaimana Apple Pay telah terintegrasi dengan berbagai layanan dan pengecer.

Pandangan Paumen tentang masa depan mencakup optimisme bahwa teknologi pembayaran crypto akan terus berkembang dan mungkin suatu hari nanti, platform seperti Apple Pay dapat mempertimbangkan untuk menyelesaikan pembayaran di blockchain mereka sendiri. Namun, sampai itu terjadi, crypto perlu terus berinovasi dan memperbaiki pengalaman pengguna untuk menarik lebih banyak adopsi.

Kesimpulan

Pembayaran crypto memiliki jalan panjang untuk menyaingi kemudahan dan kecepatan Apple Pay, tetapi dengan inovasi dan integrasi yang terus menerus, mereka dapat mencapai paritas. Dengan fokus pada peningkatan kepraktisan dan pengalaman pengguna, serta integrasi yang lebih luas dengan platform e-commerce, masa depan pembayaran crypto tampak cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: