Pembatalan Kesepakatan Crypto $11 Juta, Apa yang Terjadi di Balik Layar NEAR dan Wintermute?

author:

Pembatalan Kesepakatan Crypto $11 Juta, Apa yang Terjadi di Balik Layar NEAR dan Wintermute?

Dunia crypto kembali dikejutkan dengan kabar pembatalan kesepakatan besar antara NEAR Protocol dan Wintermute. Kesepakatan yang bernilai $11 juta ini menimbulkan banyak spekulasi dan pertanyaan di kalangan investor dan pengamat crypto. Apa yang sebenarnya terjadi di antara kedua belah pihak ini?

Kesepakatan yang Berujung Kekecewaan

near dan wintermute
Sumber: Twitter

Wintermute, sebuah perusahaan perdagangan crypto, mengklaim bahwa NEAR Protocol telah mengingkari janji mereka dalam kesepakatan penebusan stablecoin USN senilai $11 juta. CEO Wintermute, Evgeny Gaevoy, menyatakan kekecewaannya secara terbuka, mengungkapkan bahwa NEAR tidak memenuhi komitmen yang telah disepakati.

Baca juga: Terobosan Privasi Blockchain, NEAR dan Nym Luncurkan Kolaborasi Spektakuler!

Menurut Gaevoy, kesepakatan tersebut adalah bagian dari upaya Wintermute untuk melikuidasi aset demi kreditur FTX, termasuk penjualan stablecoin USN senilai $11,2 juta. Namun, setelah dua setengah bulan berlalu, tidak ada satupun Tether (USDT) yang diterima oleh Wintermute sebagai bagian dari kesepakatan tersebut.

Tanggapan dan Pembelaan

prediksi harga near 2025
Sumber: Coingape

NEAR Foundation, di sisi lain, belum memberikan komentar resmi mengenai detail kesepakatan dengan Wintermute. Namun, Aurora, yang juga terlibat dalam kesepakatan ini, telah menolak klaim Wintermute dan menyebutnya tidak berdasar. Aurora menegaskan bahwa Wintermute mencoba memanfaatkan dana yang telah disiapkan untuk melindungi kolateralisasi USN.

Pada bulan Oktober tahun lalu, NEAR Foundation membuka dana dukungan senilai $40 juta untuk konversi USN ke USDT setelah USN menjadi undercollateralized. Ini menunjukkan bahwa NEAR sebenarnya telah mengambil langkah untuk mendukung stabilitas USN, meskipun ada klaim yang bertentangan dari Wintermute.

Baca juga: Bersama Metaco, HSBC Siap Luncurkan Layanan Penyimpanan Aset Digital!

Langkah Hukum dan Masa Depan

Wintermute tidak tinggal diam dan mengancam akan mengejar semua jalur hukum terhadap NEAR dan Aurora. Gaevoy menyatakan bahwa tindakan hukum akan diambil terhadap Aurora Labs dan NEAR karena membiarkan transfer aset ETH dari jaringan Ethereum ke protokol NEAR Foundation.

Gaevoy juga menegaskan bahwa ini adalah upaya terakhir dan terbuka untuk meminta NEAR Foundation menyelesaikan penebusan dan menghormati kesepakatan yang telah dibuat. Jika NEAR Foundation terus bersikap tidak masuk akal, Wintermute siap untuk beralih ke mode konfrontasi penuh waktu.

Pada akhirnya, kasus ini menjadi perhatian serius bagi komunitas crypto, karena menyangkut kepercayaan dan integritas dalam menjalankan kesepakatan. Bagaimana akhir dari konflik ini akan sangat menentukan persepsi pasar terhadap kedua entitas tersebut dan mungkin juga terhadap ekosistem crypto secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: