Pembaruan Jaringan Solana Akan Diluncurkan pada Mei 2024, Ini Tujuannya!

Pembaruan Jaringan Solana Akan Diluncurkan pada Mei 2024, Ini Tujuannya!

Jakarta, Pintu News – Solana, salah satu jaringan blockchain terkemuka, bersiap untuk peluncuran pembaruan besar pada 27 Mei untuk mainnet beta mereka. Pembaruan ini, yang dikenal sebagai versi v1.18, sangat penting dalam upaya mengatasi masalah kemacetan yang sedang berlangsung di jaringan Solana.

Dengan kehadiran transaksi yang didorong oleh bot terutama melibatkan meme coins, Solana menghadapi peningkatan kegagalan transaksi yang memaksa tim pengembangan untuk melakukan sejumlah peningkatan signifikan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Roadmap Menuju Pembaruan v1.18

roadmap solana
Sumber: Github

Dalam beberapa bulan terakhir, Solana telah mengimplementasikan serangkaian peningkatan untuk memperbaiki performa jaringan. Kerjasama dengan Anza, pengembang infrastruktur kunci, telah memungkinkan pengenalan versi 1.18.11 pada devnet pada 13 April. Saat ini, validator sedang menguji v1.18, yang kritikal untuk menjamin kelancaran peluncuran mainnet-beta yang akan datang.

Peran validator sangat penting dalam ekosistem blockchain. Mereka mengkonfirmasi transaksi dan membantu mengamankan jaringan, menjadikan masukan mereka sangat penting untuk kesuksesan pembaruan baru ini. Umpan balik dari fase pengujian ini akan sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan peluncuran mainnet-beta yang dijadwalkan.

Baca Juga: Solana dan Filecoin Berkolaborasi untuk Merevolusi Penyimpanan Terdesentralisasi!

Memperkuat Infrastruktur untuk Kinerja yang Lebih Baik

Sebagai tambahan dari upaya yang sedang berlangsung, pengembang Solana juga merilis versi 1.17.31 pada 15 April. Versi ini, yang bertujuan untuk meredakan kemacetan, direkomendasikan untuk digunakan segera oleh validator MainnetBeta.

Ini merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk menstabilkan jaringan di tengah fluktuasi volume transaksi.

Upaya ini menunjukkan komitmen tim Solana untuk memastikan bahwa jaringan mereka dapat menangani peningkatan permintaan dan transaksi yang kompleks. Dengan pembaruan yang direncanakan, diharapkan Solana dapat meningkatkan keandalan dan efisiensi, memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif.

Baca Juga: Pengembangnya Meningkat 83%, Para Pendiri Solana Beberkan Visi Optimis di Tahun 2023

Kinerja Pasar Solana

Meskipun telah mencapai kemajuan teknis, Solana menghadapi volatilitas pasar yang signifikan. Sejak awal bulan, nilai mata uangnya telah turun lebih dari 22%. Namun, telah terjadi pemulihan harga, dari titik terendah $116 pada awal April menjadi sekitar $158 saat ini.

Peningkatan infrastruktur ini diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya pada performa teknis jaringan tetapi juga pada kepercayaan investor dan pengguna. Dengan penggunaan yang lebih stabil dan efisien, Solana berpotensi meningkatkan adopsi dan menarik lebih banyak pengguna dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: