Hydra dan Cardano: Inovasi Skala Besar yang Mengubah Dunia Blockchain!

Hydra dan Cardano: Inovasi Skala Besar yang Mengubah Dunia Blockchain!

Cardano, salah satu platform blockchain paling inovatif, baru saja mengumumkan pembaruan besar-besaran untuk alat skalabilitasnya, Hydra. Dengan versi terbaru ini, Hydra tidak hanya meningkatkan performa tetapi juga menambahkan sejumlah fitur yang membuatnya lebih mudah diakses oleh pengembang Web 3.0. Tidak hanya itu, tim pengembangan Cardano juga terus berinovasi dalam berbagai aspek lainnya. Mari kita telusuri lebih lanjut!

Hydra Versi 0.12.0: Lebih dari Sekadar Peningkatan

Menurut Coingape, Hydra baru saja meluncurkan versi 0.12.0, sebuah pembaruan yang kompatibel dengan Cardano Node versi 8.1.2 dan protokol Mithril yang dikembangkan oleh Input Output Global (IOG). Pembaruan ini membawa peningkatan performa dan fitur-fitur API yang lebih baik.

Menurut Sebastian Nagel, pengembang Cardano, pembaruan ini diluncurkan pada bulan ini dan menawarkan “peningkatan performa dan fitur-fitur API yang lebih baik.”

Tidak hanya itu, Hydra kini akan mulai beroperasi dengan endpoint API baru, membuatnya lebih mudah diakses oleh pengembang dan peneliti Web3.0. Ini adalah langkah besar dalam upaya Cardano untuk menjadi lebih inklusif dan fungsional.

Pembaruan ini juga membawa optimasi kode untuk meningkatkan performa dan keamanan Hydra di rantai. Ini adalah pembaruan kedua untuk Hydra, yang sebelumnya telah bergerak dari versi 0.10.0 ke 0.11.0, dengan penambahan dukungan untuk transaksi bertiming dan komit dari dompet eksternal.

Baca Juga: Cardano Spot Meluncurkan Fitur-Fitur Baru untuk Memperkuat Komunitas Blockchain

Tim Ledger Cardano: Menuju Era Baru

Tim Ledger Cardano terus bekerja pada fungsionalitas era Conway. Mereka telah memperkenalkan query keadaan ledger baru yang memungkinkan verifikasi perubahan keadaan tata kelola, termasuk penempatan suara dan distribusi stake DRep. Ini menandai penyelesaian semua tindakan tata kelola, kecuali inisiasi hard fork, menurut laporan pengembangan mingguan yang dirilis pada 25 Agustus 2023.

Selain itu, tim DB Sync telah mengintegrasikan berbagai fitur era Conway baru, memungkinkan db-sync untuk sinkron dengan SanchoNet. Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan dan memperluas ekosistem Cardano.

Tim jaringan juga merilis versi baru dari paket ouroboros-network, yang termasuk fitur “big ledger peers” untuk melindungi dari serangan eclipse. Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk membuat Cardano lebih aman dan efisien.

Baca Juga: Cardano Siap Luncurkan Hydra Pay, Layanan Pembayaran Desentralisasi Masa Depan!

Mithril dan Voltaire: Dua Inisiatif yang Tidak Boleh Diabaikan

mithril mainnet cardano
Sumber: U Today

Tim Mithril telah fokus pada tugas-tugas pembersihan untuk meningkatkan kejelasan dan mengurangi kebisingan dari log dan node agregator. Mereka juga telah mempermudah proses verifikasi status registrasi signer.

Di sisi lain, inisiatif Voltaire terus maju dengan peluncuran iterasi pertama dari SanchoNet, sebuah testbed teknis untuk aksi tata kelola on-chain CIP-1694. Ini menawarkan peran tata kelola baru, seperti perwakilan delegasi masa depan (DReps), untuk komunitas.

Dengan semua inovasi dan pembaruan ini, tidak ada keraguan bahwa Cardano dan Hydra sedang menuju ke arah yang benar. Dari skalabilitas hingga tata kelola, platform ini terus menetapkan standar baru dalam dunia blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: