Lonjakan Transaksi Harian Crypto di Base Pasca-Pembaruan Dencun!

Lonjakan Transaksi Harian Crypto di Base Pasca-Pembaruan Dencun!

Setelah pembaruan Dencun diimplementasikan, jaringan layer-2 Ethereum Coinbase, Base, mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah transaksi harian, yang melonjak hingga 2 juta. Pembaruan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan tetapi juga menarik pengguna baru dalam jumlah besar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Kapasitas dan Pengguna

grafik harian base
Grafik transaksi harian Base. Sumber: Dune Analytics

Sebelum pembaruan Dencun, Base hanya memproses sekitar 440.000 transaksi per hari. Namun, angka ini meningkat tajam menjadi 1,1 juta sehari setelah pembaruan, dan terus bertambah hingga mencapai 2.064.920 transaksi pada 16 Maret. Peningkatan ini menandai era baru dalam skalabilitas dan efisiensi jaringan Base.

Pembaruan Dencun juga berdampak signifikan terhadap jumlah pengguna baru. Pada 16 Maret, tercatat ada 666.866 pengguna baru, meningkat 3.200% dari hari-hari sebelum pembaruan. Lonjakan ini menunjukkan minat yang besar dari komunitas terhadap jaringan yang lebih efisien dan ekonomis.

Baca Juga: Alami Koreksi Tajam Hingga 50%, Mengapa Harga BOME Turun Hari Ini (19/3/24)?

Reduksi Biaya Transaksi

biaya transaksi
Perbandingan rata-rata biaya layer-2. Sumber: Dune Analytics

Salah satu faktor utama yang mendorong peningkatan transaksi dan pengguna adalah penurunan biaya transaksi. Pembaruan Dencun berhasil mengurangi biaya transaksi di Base lebih dari 60%. Hal ini membuat Base menjadi pilihan yang lebih menarik bagi pengguna yang mencari solusi transaksi crypto dengan biaya rendah.

Pembaruan ini mengimplementasikan Proposal Perbaikan Ethereum 4844, yang memperkenalkan blob data atau proto-danksharding. Ini meningkatkan ketersediaan data layer-2, yang pada gilirannya mengurangi biaya gas hingga 90% untuk beberapa jaringan. Ini merupakan langkah besar menuju pengurangan biaya dan peningkatan aksesibilitas di ekosistem crypto.

Baca Juga: Harga Token Mayoritas Anjlok 20%, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (19/3/24)?

Dampak Luas Pembaruan Dencun

Pembaruan Dencun tidak hanya meningkatkan Base tetapi juga memiliki dampak luas pada ekosistem Ethereum layer-2 secara keseluruhan. Jaringan seperti Arbitrum, Optimism, dan zkSync Era juga mengalami penurunan biaya transaksi antara 60% hingga 90%. Ini menunjukkan bahwa pembaruan Dencun merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya mengurangi biaya dan meningkatkan skalabilitas di seluruh ekosistem Ethereum.

Selain itu, pembaruan ini juga meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam pemrosesan transaksi. Dengan mengurangi biaya dan meningkatkan kecepatan transaksi, Base dan jaringan layer-2 lainnya menjadi lebih menarik bagi pengguna dan pengembang, mendorong inovasi dan adopsi yang lebih luas dalam ekosistem crypto.

Pembaruan Dencun telah membuktikan dirinya sebagai langkah penting dalam evolusi Ethereum dan ekosistem crypto secara keseluruhan. Dengan meningkatkan skalabilitas, mengurangi biaya, dan menarik pengguna baru, pembaruan ini menandai awal dari era baru dalam transaksi crypto yang lebih efisien dan ekonomis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: