Space and Time Umumkan Peluncuran Akselerator GPU Open Source untuk ZK-Proof!

author:

Space and Time Umumkan Peluncuran Akselerator GPU Open Source untuk ZK-Proof!

Bersiaplah untuk menyaksikan kemajuan terkini di arena teknologi crypto. Space and Time, sebuah platform data Web3 yang terdesentralisasi, telah mengumumkan peluncuran sebuah framework akselerasi GPU yang bersifat open-source.

Terobosan ini diharapkan akan mempercepat proses pembuatan bukti zero-knowledge (ZK-proof), yang sangat krusial untuk meningkatkan kapasitas platform Ethereum layer 2 dan berbagai protokol blockchain lain.

Peningkatan Kinerja ZK-Proof

Framework akselerasi GPU yang dikembangkan oleh Space and Time kini tersedia bagi komunitas Web3 yang lebih besar.

Baca juga: Revolusi Gaming Web3: Kolaborasi Sui Blockchain dan Space and Time dengan Teknologi ZK Proofs!

Jay White, salah satu pendiri dan juga kepala penelitian di perusahaan tersebut, menyatakan bahwa dengan memperkenalkan Blitzar sebagai open-source, diharapkan komunitas dapat berpartisipasi dalam menciptakan ZK-proofs yang lebih efisien dan kuat. GPU terkenal dengan kemampuannya dalam menangani tugas komputasi berat, termasuk pembuatan ZK-proof.

Dengan memanfaatkan GPU, tugas-tugas yang memerlukan komputasi berat dapat dijalankan dengan lebih efisien. Blitzar dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan GPU, terutama dalam pengelolaan memori yang efektif, yang sangat penting untuk mengolah dataset besar yang terlibat dalam ZK-proofs.

Kemitraan dengan NVIDIA dan Dukungan untuk Ethereum Layer 2

Dalam pengembangan alat Proof of SQL mereka, Space and Time menggunakan GPU dari NVIDIA, yang memungkinkan pembuatan bukti kriptografis SNARK dari query di dalam jaringan data terdesentralisasi mereka.

Teknologi ini memungkinkan aplikasi terdesentralisasi (DApps) untuk melakukan query ke database Space and Time dan mengintegrasikan hasilnya ke dalam smart contract. Dengan Proof of SQL, kepercayaan terhadap keakuratan dan kerahasiaan data dapat dipertahankan.

White menekankan bahwa framework Blitzar dapat digunakan oleh protokol Ethereum layer 2 seperti Polygon zkEVM dan zkSync Era untuk meningkatkan proses pembuatan ZK-proof mereka. Hal ini menunjukkan potensi besar dari framework ini dalam mendukung ekosistem crypto yang lebih luas, khususnya dalam aspek skalabilitas dan privasi.

Baca juga: 5 Token Zero Knowledge (ZK) Potensial di 2024!

Progres dan Penerimaan Teknologi

Pengembangan Proof of SQL telah berlangsung dengan sangat intensif, dan baru-baru ini berhasil mencapai waktu eksekusi kurang dari satu detik. Meskipun masih dalam fase alpha, beberapa klien Space and Time telah mulai mengimplementasikan protokol ini.

ZK-proof menjadi topik yang sangat populer sepanjang tahun 2023, terutama di lingkungan Ethereum, dengan munculnya beberapa protokol baru yang memfasilitasi transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah bagi DApps dan layanan yang berjalan di atas blockchain Ethereum.

Dengan kehadiran framework akselerasi GPU open-source dari Space and Time, prospek masa depan teknologi crypto semakin menjanjikan. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam pembuatan ZK-proof, tetapi juga memberikan kesempatan bagi komunitas untuk ikut serta dalam pengembangan dan peningkatan teknologi ini.

Kita semua menunggu dengan antusias bagaimana perkembangan selanjutnya akan membentuk ekosistem crypto yang lebih aman, efisien, dan terpercaya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: