Peluncuran Testnet Holesky Ethereum Tertunda, Apa yang Terjadi?

author:

Peluncuran Testnet Holesky Ethereum Tertunda, Apa yang Terjadi?

Ethereum, blockchain terbesar kedua setelah Bitcoin, mengalami hambatan teknis dalam peluncuran testnet Holesky yang sangat dinantikan. Kesalahan konfigurasi menyebabkan testnet gagal diluncurkan, menunda peluncuran yang telah lama ditunggu-tunggu oleh komunitas.

Sumber Kesalahan Teknis

holesky ethereum tertunda
Sumber: Twitter

Menurut laporan, kesalahan dalam peluncuran testnet Holesky berasal dari kesalahan konfigurasi. Peneliti Ethereum, Diederik Loerakker, yang juga dikenal sebagai Protolambda, menemukan bahwa seorang pengembang memasukkan data ke dalam bagian yang salah dari file genesis jaringan.

Baca juga: Siap-siap! Ethereum Berencana Meluncurkan Testnet Holesky Bulan Depan

Kesalahan ini mungkin tampak sepele, tetapi dalam dunia blockchain, kesalahan konfigurasi semacam itu dapat menghentikan seluruh jaringan. Ini menunjukkan betapa pentingnya setiap detail saat bekerja dengan teknologi blockchain dan bagaimana kesalahan kecil dapat memiliki dampak besar.

Selain kesalahan konfigurasi, ada juga laporan tentang potensi ketidaksesuaian dalam parameter fork lainnya. Meskipun detail spesifik dari masalah ini belum sepenuhnya diungkapkan, ini menunjukkan bahwa ada beberapa masalah teknis yang perlu diatasi sebelum testnet dapat diluncurkan dengan sukses.

Tanggal Peluncuran Ulang dan Tanggapan Komunitas

Meskipun ada kesalahan, peluncuran ulang testnet Holesky diharapkan dalam beberapa minggu ke depan. Beberapa sumber menunjukkan bahwa peluncuran ulang bisa dilakukan secepat 22 September atau selambat 28 September 2023.

Michael Sproul, kontributor Ethereum, menyarankan di GitHub bahwa Holesky harus diluncurkan ulang pada 28 September 2023.

Meskipun ada penundaan, masalah ini tidak mempengaruhi mainnet Ethereum, yang bertanggung jawab atas transaksi dengan nilai nyata.

Baca juga: Ethereum Siap Luncurkan Testnet Baru “Holesky”, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Tujuan dan Pentingnya Testnet Holesky

Holesky diharapkan menjadi testnet Ethereum terbesar, dengan kapasitas dua kali lipat dari mainnet, mencapai sekitar 1,46 juta validator node.

Testnet ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengujian smart contract dan memberikan platform yang kuat bagi pengembang Ethereum untuk menguji aplikasi terdesentralisasi mereka.

Meskipun ada hambatan dalam peluncuran, testnet seperti Holesky penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah skala pada testnet sebelum mempengaruhi blockchain Ethereum.

Pada akhirnya, kesalahan dalam peluncuran testnet Holesky menunjukkan kompleksitas dan tantangan dalam pengembangan teknologi blockchain. Namun, dengan respons cepat dan komitmen untuk memperbaiki kesalahan, komunitas Ethereum menunjukkan dedikasi mereka untuk inovasi dan keunggulan teknis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: