Peluncuran Runtime Upgrade Polkadot (DOT) Sebabkan Hal Tak Terduga Terjadi, Ada Apa?

author:

Peluncuran Runtime Upgrade Polkadot (DOT) Sebabkan Hal Tak Terduga Terjadi, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Polkadot, salah satu proyek blockchain terkemuka, baru saja meluncurkan runtime upgrade yang telah lama ditunggu-tunggu di mainnet-nya.

Namun, yang mengejutkan, upgrade ini justru memicu penghentian tiba-tiba pada parachain blockchain tersebut.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang runtime upgrade Polkadot dan dampaknya terhadap ekosistemnya.

Runtime Upgrade Polkadot Picu Penghentian Produksi Blok

Menurut salah satu parachain-nya, Moonbeam Network, runtime upgrade pada Polkadot memicu penghentian produksi blok pada parachain pesaing lainnya.

Baca juga: Polkadot Luncurkan Airdrop Meme Coin $PINK untuk Kontributor Ekosistem

Moonbeam mengonfirmasi bahwa parachain-nya adalah salah satu yang terpengaruh sekitar pukul 10:27 UTC pada tanggal 21 April 2024. Biasanya, runtime upgrade Polkadot, seperti yang lainnya, dimaksudkan untuk mengubah logika rantai tanpa menggunakan hardfork.

Berdasarkan pernyataan yang diterbitkan di situs web Polkadot, hard forking lambat dan karenanya, tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan. Umumnya, pandangan ini disebabkan oleh tingkat koordinasi offline yang diperlukan.

Harapan dari Peningkatan Runtime Polkadot

Parachain mendapatkan kemampuan untuk meningkatkan runtime mereka tanpa hard forking dengan menggunakan Wasm di Substrate, kerangka kerja yang mendukung Polkadot, Kusama, dan banyak rantai penghubung lainnya.

Polkadot menyimpan runtime-nya di blockchain khusus.

“Polkadot dapat meningkatkan runtime-nya dengan meningkatkan logika yang disimpan di on-chain dan menghilangkan tantangan koordinasi yang mengharuskan ribuan operator node untuk meningkatkan sebelum nomor blok tertentu. Pemangku kepentingan Polkadot mengusulkan dan menyetujui peningkatan melalui sistem tata kelola on-chain, yang juga memberlakukannya secara mandiri,” protokol tersebut merinci.

Meskipun downtime mencakup, Moonbeam melaporkan bahwa ia kembali ke produksi blok aktif sekitar satu jam kemudian.

Baca juga: Polkadot Mencatat Rekor Pertumbuhan Pengguna dan Pengembang di Q4 Tahun 2023!

Polkadot dan Beberapa Pemadaman

Runtime upgrade Polkadot mengikuti pengumuman awal untuk merilis upgrade JAM, sebuah protokol yang dimaksudkan untuk menggantikan protokol interoperabilitas Relay Chain.

Secara keseluruhan, upgrade ini menandai evolusi yang dirancang untuk mengantarkan desain yang lebih modular dan minimalis.

Terlepas dari pengaruhnya terhadap parachain lainnya, runtime upgrade Polkadot belum memberikan dampak positif pada harga DOT, native coin dari ekosistem Polkadot.

Pada saat penulisan (22/4), DOT diperdagangkan pada $7,45 dengan peningkatan 3,86% dalam 24 jam terakhir.

Pada akhirnya, runtime upgrade Polkadot yang baru-baru ini diluncurkan telah menyebabkan penghentian sementara pada beberapa parachain di ekosistemnya. Meskipun downtime relatif singkat, kejadian ini menyoroti pentingnya pengujian menyeluruh dan koordinasi yang cermat sebelum melakukan perubahan signifikan pada jaringan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Cryptopolitan