Revolusi Pembayaran Lintas Batas: Yuan Digital (e-CNY) Ubah Lanskap Tiongkok – Hong Kong!

Revolusi Pembayaran Lintas Batas: Yuan Digital (e-CNY) Ubah Lanskap Tiongkok – Hong Kong!

Pengembangan yuan digital di Tiongkok telah mencapai Hong Kong, dan ini mungkin mempengaruhi peningkatan signifikan dalam pembayaran lintas batas. Laporan media menunjukkan bahwa adopsi mata uang digital ini mungkin memainkan peran kunci dalam pertumbuhan transaksi lintas batas. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Pembayaran Lintas Batas

pembayaran lintas batas e-cny
Sumber: Pandaily

Dilansir dari Cryptonews, beberapa jenis “pembayaran lintas batas” antara Tiongkok Daratan dan Hong Kong, serta antara daratan dan Makau, telah “bertambah 10 kali lipat” dalam 12 bulan terakhir.

Meskipun CBDC (Central Bank Digital Currency) tidak disebutkan sebagai satu-satunya faktor yang mendorong kenaikan ini, sejumlah inovasi perbankan lintas batas konvensional juga mendapat kredit.

Namun, e-CNY (yuan digital) disebut-sebut sebagai salah satu kekuatan pendorong utama dalam peningkatan perdagangan lintas batas.

Baca Juga: Hong Kong Ubah Permainan: Mendorong Bank-Bank Besar Untuk Mendukung Industri Crypto!

Integrasi Yuan Digital di Hong Kong dan Makau

Yuan digital hanya merupakan mata uang sah di Tiongkok Daratan, sementara Hong Kong memiliki sistem ekonomi dan mata uang yang terpisah, demikian pula dengan Makau.

Namun, dalam setahun terakhir, Bank Sentral Rakyat Tiongkok (PBoC) telah berusaha menemukan cara bagi warga Hong Kong dan daratan untuk menggunakan e-CNY saat mereka bepergian lintas batas.

Sebagai contoh, pada Maret tahun ini, warga Hong Kong diberitahu bahwa mereka dapat menggunakan aplikasi Octopus (aplikasi e-pay yang paling banyak digunakan di Hong Kong) untuk membeli kartu hard wallet e-CNY di mesin penerbitan kartu mandiri di perlintasan perbatasan Lo Wu Shenzhen.

Baca Juga: Elon Musk Yakin China akan Jadi Pemimpin dalam Pengembangan AI, Kok Bisa?

Upaya Peningkatan Adopsi Yuan Digital

octopus di bus china
Aplikasi Octopus dan pembaca kartu di bus Hong Kong. Sumber: Cryptonews

PBoC telah berupaya meningkatkan adopsi dengan menawarkan diskon hingga 20% bagi pengguna Hong Kong di ratusan retailer yang ditunjuk.

Shenzhen juga mulai menerima pembayaran hard wallet e-CNY dari pengguna aplikasi Octopus Hong Kong di dua jalur bus tersibuknya.

Cabang Shenzhen dari PBoC mengatakan bahwa 17 mesin penerbitan kartu dompet keras telah ditempatkan di area Pelabuhan Luohu dan bagian lain dari kota sejak Maret. Lebih dari 18.000 kartu dompet keras CBDC telah dikeluarkan kepada warga Hong Kong.

Dengan adopsi yang meningkat dari yuan digital, pembayaran lintas batas antara Tiongkok Daratan dan Hong Kong diperkirakan akan terus tumbuh. Inisiatif ini menunjukkan potensi mata uang digital dalam memfasilitasi perdagangan dan transaksi lintas batas.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: