Peluncuran Mata Uang Digital Meksiko Tertunda, Ini Penyebabnya!

Peluncuran Mata Uang Digital Meksiko Tertunda, Ini Penyebabnya!

Dilansir dari Cointelegraph, sudah lebih dari setahun setelah diumumkan, mata uang digital bank sentral (CBDC) yang diusulkan Meksiko masih dalam tahap awal dan dinyatakan belum ada tanggal yang pasti untuk peluncuran di tahun 2024.

Menurut laporan media lokal, bank sentral Meksiko, yang dikenal sebagai Banxico, saat ini sedang mengerjakan persyaratan hukum, administratif, dan teknologi untuk versi digital Peso.

Lalu, bagaimana kemajuan pembuatan Peso digital, dan mengapa peluncurannya tertunda? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tanggal Peluncuran CBDC Meksiko Belum Bisa Ditentukan

Tanggal Peluncuran CBDC Meksiko Belum Bisa Ditentukan
Sumber: Central Banking

Pada bulan Desember 2021 lalu, pemerintah setempat mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan mata uang digital nasional, dan menyampaikan bahwa, “teknologi baru dan infrastruktur pembayaran generasi berikutnya akan meningkatkan inklusi keuangan Meksiko”.

Dilansir dari Bitcoin News, mata uang digital bank sentral Meksiko (CBDC) masih dalam tahap awal pengembangannya. Dalam hal ini direktorat umum sistem pembayaran dan infrastruktur pasar, yang merupakan divisi bank yang ditugaskan untuk konstruksinya, masih menentukan persyaratan untuk peluncurannya.

“Hasil dari fase awal ini memerlukan persiapan anggaran yang saat ini sedang ditentukan, dan pada gilirannya akan memungkinkan penetapan tanggal kemungkinan MDBC [CDBC] akan tersedia,” ujar Banxico, dikutip dari Bitcoin News, Senin (9/1/2023).

Mengutip dari Bitcoin News, pemerintah mengungkapkan bahwa pengembangan mata uang Peso digital memakan biaya lebih dari $500.000 yang setara dengan Rp7,7 miliar selama tahun 2022, dialokasikan dari dana yang disediakan oleh Banxico.

Baca Juga: Sempat Pesimis Karna Nilai Mata Uangnya Jatuh, Kini Turki Siap Luncurkan Mata Uang Digital

Peluncuran CBDC Meksiko Membutuhkan Waktu 3 Tahun?

Mata Uang Digital Meksiko Ditunda
Sumber: Coingeek

Dilansir dari Cointelegraph, perkiraan lain untuk tanggal peluncuran CBDC Meksiko telah dibuat oleh pejabat pemerintah yang berbeda.

Pada bulan April 2022, Gubernur Banxico, Victoria Rodríguez Ceja, menyatakan bahwa seluruh siklus pengembangan akan memakan waktu sekitar 3 tahun. Jika dihitung sejak pengumuman resminya yakni Desember 2021, diperkirakan bahwa peluncuran akan dilaksanakan pada 2024.

Namun, hal tersebut bertentangan dengan pernyataan yang dibuat oleh institusi yang mengklaim bahwa masih belum ada tanggal resmi peluncuran Peso versi digital di tahun 2024 mendatang.

Dilansir dari Bitcoin News, CBDC Meksiko dirancang untuk saling berhubungan dengan sistem keuangan tradisional, memungkinkan bank untuk memfasilitasi transaksi token ini melalui sistem pembayaran yang sudah ada.

Meksiko termasuk ke dalam daftar negara-negara yang saat ini sedang menyelidiki atau sudah mengembangkan CBDC mereka. Menurut Bank of International Settlements, 8 dari setiap 10 bank sentral saat ini sedang mempelajari solusi ini.

Tidak hanya Meksiko yang akan meluncurkan Peso versi digital, pada 30 Desember 2022 lalu, negara Palau berkolaborasi dengan Ripple untuk membuat stablecoin negaranya sendiri. Berbeda dengan Meksiko, negara Palau tidak memiliki bank sentral khusus, negara tersebut menggunakan dolar AS untuk mata uang resminya. Per artikel ini diterbitkan, masih belum ada informasi kapan stablecoin Palau akan diluncurkan.

Referensi: