Terobosan Baru di Paris: Institut Riset Blockchain dan Crypto Resmi Dibuka!

author:

Terobosan Baru di Paris: Institut Riset Blockchain dan Crypto Resmi Dibuka!

Paris baru-baru ini menyaksikan peluncuran Institut Aset Crypto, sebuah inisiatif yang menandai langkah besar dalam penelitian dan pendidikan teknologi blockchain. Terletak di Pusat Léonard de Vinci, institut ini berkomitmen untuk mengembangkan pengetahuan mendalam tentang blockchain dan mata uang crypto.

Fokus Pendidikan dan Penelitian

institut aset crypto paris
Generated by AI

Institut yang dibuka pada 8 November 2023 ini didirikan sebagai pusat penelitian dan pendidikan terkemuka di bidang blockchain dan mata uang crypto. Dengan dewan ilmiah yang terdiri dari 11 ahli dari institusi pendidikan Prancis terkemuka seperti CNRS dan École Polytechnique, institut ini berjanji untuk menjadi pusat inovasi.

Baca juga: Sui Mendonasikan $1 Juta kepada London Business School untuk Penelitian Web3!

Cyril Grunspan, direktur institut, menekankan bahwa tujuan utama mereka adalah pendidikan dan menciptakan forum diskusi tentang aset crypto.

Lebih lanjut, institut ini memulai kegiatannya dengan dua kuliah. Kuliah pertama oleh sejarawan Jacques Favier membahas sejarah mata uang hingga Bitcoin, sementara kuliah kedua oleh kriptografer David Pointcheval mengeksplorasi zero knowledge proof dan anonimitas. Kegiatan ini menandai komitmen institut untuk terlibat dengan publik dan berbagi pengetahuan.

Peningkatan Regulasi dan Minat Investor Muda

Regulasi Crypto Prancis
Sumber: Bitcoinist

Prancis telah mengadopsi regulasi Uni Eropa untuk sektor mata uang crypto yang disahkan pada April, dengan melakukan revisi pada persyaratan registrasi untuk perusahaan crypto. Langkah ini mencerminkan komitmen Prancis untuk menyesuaikan kerangka regulasi mereka dengan standar UE. Persyaratan registrasi “ditingkatkan” ini akan berlaku mulai 1 Januari 2024, dan akan menjadi wajib bagi pelaku baru yang ingin menyediakan layanan yang diatur.

Sebuah survei oleh bursa crypto KuCoin menunjukkan minat yang tumbuh di pasar crypto di kalangan investor muda di Prancis. Sekitar 8% pengguna internet berusia 18 hingga 60 tahun di negara ini kini terlibat di ruang crypto.

Menariknya, 40% investor crypto Gen Z memasuki ruang ini dalam enam bulan terakhir, menunjukkan tren adopsi yang cepat di kalangan demografi yang lebih muda.

Baca juga: Didukung Nvidia, Bitdeer Siap Luncurkan AI Cloud pada Kuartal Pertama 2024

Masa Depan Blockchain dan Crypto di Prancis

Dengan pembukaan institut ini, Prancis menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi ekonomi digital di Eropa. Investasi sebesar 100 juta euro ($106 juta) oleh grup telekomunikasi lokal Iliad untuk pembuatan “lab keunggulan” yang didedikasikan untuk penelitian AI di Paris menunjukkan komitmen ini.

Selain lab, Iliad juga telah mengakuisisi apa yang mereka sebut sebagai “superkomputer AI cloud-native paling kuat yang dikerahkan hingga saat ini di Eropa.”

Selama krisis pasar pada paruh pertama 2023, bisnis crypto Prancis berhasil mendapatkan 27% dari semua kesepakatan investasi baru yang terjalin di sektor fintech. Ini menunjukkan bahwa Prancis tidak hanya berfokus pada regulasi yang ketat, tetapi juga pada pertumbuhan dan inovasi dalam industri crypto dan blockchain.

Pada akhirnya, Institut Aset Crypto di Paris bukan hanya sebuah pencapaian penting dalam dunia blockchain dan mata uang crypto, tetapi juga sebuah simbol kemajuan dan inovasi. Dengan fokus pada pendidikan, penelitian, dan regulasi, institut ini siap memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan teknologi blockchain di Prancis dan di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: