ETF Bitcoin Spot Berpotensi Mendapat Lampu Hijau, Perdagangan Akan Dibuka Segera?

ETF Bitcoin Spot Berpotensi Mendapat Lampu Hijau, Perdagangan Akan Dibuka Segera?

Para penggemar crypto mungkin akan segera merayakan, sebab laporan terkini menunjukkan bahwa ETF Bitcoin spot yang lama dinanti kemungkinan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Menurut Coingape, SEC di Amerika Serikat mungkin akan memberikan lampu hijau pada hari Rabu mendatang, dengan harapan perdagangan akan dimulai pada Kamis pagi. Ini adalah perkembangan penting yang telah lama ditunggu oleh para investor dan dapat membawa perubahan besar pada dinamika pasar crypto. Simak beritanya disini!

Harapan Peluncuran dan Kompetisi Biaya

kompetisi biaya etf
Sumber: AKun X Eric Balchunas

Komunitas crypto menantikan dengan penuh harap keputusan dari SEC mengenai ETF Bitcoin spot pertama. Valkyrie Investments, salah satu perusahaan yang mengajukan, mengharapkan keputusan pada hari Rabu dan perdagangan dimulai pada hari Kamis. Steven McClurg, salah satu pendiri Valkyrie, memperkirakan bahwa ETF mereka akan menarik dana investor sekitar $200 juta hingga $400 juta.

Dalam persaingan yang sengit, berbagai penerbit ETF Bitcoin spot berusaha menawarkan biaya paling kompetitif untuk menarik investor. Bitwise saat ini memimpin dengan biaya paling rendah yaitu 0,24%, diikuti oleh Ark 21Shares dan VanEck yang masing-masing menetapkan biaya sebesar 0,25%. Valkyrie menetapkan biaya sebesar 0,8%, sedangkan Grayscale menawarkan biaya tertinggi yaitu 1,5%.

Baca Juga: Jika ETF Disetujui, Harga Bitcoin Berpotensi Capai $200.000 di 2025!

Respon SEC dan Optimisme di Pasar

SEC telah memberikan tanggapan terhadap pengajuan ETF Bitcoin terbaru, yang memberikan indikasi akan adanya peluncuran dalam waktu dekat. Meskipun ada kecemasan tentang kemungkinan penundaan, James Seyffart, seorang analis dari Bloomberg Intelligence, menegaskan bahwa tanggapan cepat dari SEC menunjukkan kemungkinan yang berlawanan.

Pasar crypto bereaksi dengan antusiasme, dengan harga Bitcoin yang meningkat, dan analis memperkirakan peluang persetujuan ETF pada bulan Januari sebesar 95%.

Namun, ada pula yang kurang optimis. Perianne Boring dari Chamber of Digital Commerce menyampaikan kekhawatirannya bahwa SEC mungkin masih akan menghambat peluncuran ETF Bitcoin spot. Akan tetapi, dengan adanya banyak persiapan dari berbagai pihak, harapan untuk peluncuran dalam minggu ini tetap kuat.

Kesimpulan

Jika SEC memberikan persetujuan untuk ETF Bitcoin spot, pasar crypto mungkin akan mengalami transformasi yang signifikan dalam waktu yang tidak lama lagi. Peluncuran produk investasi ini tidak hanya akan membuka akses bagi investor institusional di AS tetapi juga dapat memberikan dorongan positif bagi investor perorangan. Semua perhatian kini tertuju pada SEC, dan jika semuanya berjalan lancar, hari Kamis ini dapat menjadi momen penting dalam sejarah crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: