ETF Bitcoin Buka Peluang Emas bagi Altcoin, Ini Alasannya!

ETF Bitcoin Buka Peluang Emas bagi Altcoin, Ini Alasannya!

Kabar gembira bagi para penggemar crypto, peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk Bitcoin ternyata membawa angin segar bagi altcoin. Sejak pekan lalu, altcoin menunjukkan performa yang mengesankan, melampaui Bitcoin yang baru saja meluncurkan ETF spot. Analis kini berspekulasi bahwa fenomena ini bukan hanya kebetulan, melainkan awal dari era kejayaan baru bagi altcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volatilitas Bitcoin yang Rendah, Berkah bagi Altcoin

Andrew Kang, salah satu pendiri firma modal ventura crypto Mechanism Capital, menyatakan bahwa peluncuran ETF Bitcoin memang menguntungkan, namun dampaknya jauh lebih besar bagi altcoin. Menurutnya, keterlibatan institusi akan menurunkan volatilitas Bitcoin, dengan keuntungan yang bertambah secara perlahan namun pasti.

“Skenario ideal untuk altcoin adalah ketika Bitcoin naik secara bertahap selama beberapa bulan hingga tahun,” ujar Kang. Kang menambahkan bahwa Bitcoin kini akan menawarkan volatilitas yang lebih rendah, yang mungkin kurang menarik bagi banyak trader.

Namun, tren naik yang stabil akan menciptakan kepercayaan akan arah pasar crypto yang positif. Hal ini akan mendorong alokasi aset ke instrumen yang lebih berisiko, termasuk altcoin. Sejak peluncuran ETF, dominasi Bitcoin di pasar telah turun sebesar 6%, menurut data dari TradingView.

Baca Juga: Inovasi Metaverse: Magic Leap vs. Apple Vision Pro!

Prediksi Pasar: Altcoin Siap Mengudara

altcoin siap bullish
Sumber: Akun X Negentropic

Seorang analis on-chain yang dikenal dengan nama “Negentropic” menyatakan bahwa altcoin siap untuk melonjak. Pasar telah mengalami konsolidasi setelah “pemisahan dari formasi dasar bulat,” dan tahap berikutnya adalah akselerasi.

“Inilah saatnya musim altcoin mengirim crypto terbang. Pasar akan menggandakan dan melipatgandakan nilai dalam beberapa minggu hingga bulan,” kata Negentropic.

Kapitalisasi total pasar crypto, termasuk Bitcoin, saat ini berada di angka $1,78 triliun, mengalami kenaikan sebesar 1,4% pada hari itu. Meskipun Bitcoin sendiri hampir tidak bergerak, altcoin-lah yang kembali menjadi pendorong momentum. Ethereum, misalnya, naik 2,2% menjadi $2.578. Solana (SOL) dan Chainlink (LINK) juga mencatat kenaikan, masing-masing sebesar 4,6% dan 3,3%.

Baca Juga: Apa itu ETF Ethereum?

Analisis Pasar: Koreksi atau Terus Melaju?

Meskipun ada prediksi tentang koreksi pasar menyusul persetujuan ETF Bitcoin, altcoin tampaknya tidak terpengaruh. ADA, DOGE, AVAX, dan DOT adalah beberapa contoh altcoin yang melonjak tajam setelah keputusan ETF Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan investor terhadap altcoin semakin kuat, dan mungkin saja kita akan menyaksikan lebih banyak institusi yang mengalihkan fokus mereka ke altcoin.

Kesimpulan

Dengan semua pergerakan ini, tampaknya peluncuran ETF Bitcoin bukan hanya sebuah milestone bagi Bitcoin itu sendiri, tetapi juga titik balik bagi altcoin. Apakah ini akan menjadi awal dari ‘altseason’ yang sesungguhnya? Hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi