Peluncuran Base: Solusi Layer-2 Ethereum yang Revolusioner dengan Kolaborasi Chainlink

author:

Peluncuran Base: Solusi Layer-2 Ethereum yang Revolusioner dengan Kolaborasi Chainlink

Coinbase, salah satu bursa crypto terkemuka di dunia, telah meluncurkan “Base,” sebuah solusi layer-2 (L2) untuk Ethereum yang dibangun dengan kerangka kerja Optimism (OP). Peluncuran ini menandai langkah penting dalam mengatasi tantangan skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi dalam jaringan blockchain.

Base akan meningkatkan kecepatan transaksi dan skalabilitas dengan memproses transaksi di lapisan sekunder sebelum menambahkannya ke blockchain Ethereum utama.

Base: Solusi Layer-2 yang Mengubah Lanskap Ethereum

Base, yang dikembangkan bersama dengan Optimism (OP), adalah bagian dari visi strategis Coinbase untuk mengangkat Ethereum menjadi “superchain” dari rantai L2 yang saling terhubung. Ini akan meningkatkan kecepatan transaksi dan mengurangi biaya gas.

Baca juga: Base Mainnet Siap Meluncur Secara Resmi Minggu Depan!

Solusi L2 seperti Base dapat meningkatkan kapasitas transaksi dan mengurangi biaya, membuka jalan bagi aplikasi terdesentralisasi (DApps) yang lebih efisien dan hemat biaya untuk berkembang di jaringan Ethereum.

Peluncuran Base pada 9 Agustus 2023 menegaskan komitmen Coinbase untuk memajukan web3 dan adopsi L2, memposisikan diri sebagai pemain kunci dalam mendorong solusi blockchain yang skalabel dan efisien.

kolaborasi base dan chainlink
Sumber: Crypto Daily

Base telah berkolaborasi dengan Chainlink, jaringan oracle terdesentralisasi terkemuka, untuk mengimplementasikan umpan harga ke dalam rantai. Ini memfasilitasi integrasi protokol DeFi dan aplikasi yang terhubung eksternal.

Jesse Pollak, Pencipta Base dan Kepala Protokol di Coinbase, menyatakan bahwa integrasi Chainlink akan memberdayakan pengembang untuk bereksperimen dengan kasus penggunaan baru yang dapat dibangun di lingkungan layer-2 Base yang hiper-skalabel.

Untuk merayakan peluncuran, tim Base meluncurkan inisiatif “Onchain Summer” bekerja sama dengan Coca-Cola, Opensea, dan Atari. Ini terdiri dari serangkaian acara di mana para kreator dan pengembang dapat membuat seni atau membangun aplikasi di Base.

Baca juga: Base Blockchain Tarik $68 Juta dalam Ethereum Jelang Peluncuran Resmi!

Dampak Base pada Ekosistem Crypto

Base menawarkan transaksi yang sedikit lebih lambat tetapi lebih aman daripada kompetitor, seperti Linea, karena harus memvalidasi transaksi di rantai. Meskipun demikian, Base akan mengungguli Ethereum dalam hampir semua aspek.

Peluncuran Base juga disertai dengan penawaran NFT gratis untuk pengguna awal, memberi penghargaan kepada mereka dengan koleksi digital berteknologi tinggi.

Dengan Base, pengguna akan dapat menggunakan aplikasi dan alat yang kompatibel dengan Ethereum dengan biaya transaksi yang lebih cepat dan waktu pemrosesan yang lebih cepat, memungkinkan pengembang untuk dengan cepat menerapkan DApps baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: