Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

author:

Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

Menurut analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart, peluang persetujuan ETF Bitcoin Spot di Amerika Serikat telah meningkat menjadi 65%, naik dari hanya 1% beberapa bulan lalu.

Lebih lanjut, mereka mengaitkan peningkatan ini dengan berbagai perkembangan baru di pasar crypto dan pengajuan kembali aplikasi ETF oleh perusahaan seperti BlackRock.

Peningkatan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot

pengajuan etf bitcoin spot
Sumber: Twitter

Melalui cuitan di Twitter, Balchunas dan Seyffart mengatakan bahwa peluang persetujuan untuk ETF Bitcoin telah meningkat secara signifikan dalam sebulan terakhir, berkat berbagai perkembangan baru di pasar kripto dan pengajuan kembali aplikasi ETF oleh perusahaan seperti BlackRock.

Baca juga: NYDIG Prediksi ETF Bitcoin Spot Berpotensi Bawa Permintaan Baru Senilai Rp450 Triliun!

“Kemungkinan peluncuran ETF bitcoin spot tahun ini mencapai 65%, menurut kami, setelah adanya berbagai perkembangan: Gary Gensler meremehkan perannya di SEC, persetujuan diam-diam komisi terhadap pertukaran Bitcoin Coinbase, upaya Grayscale untuk meminimalkan pengajuan lain dan kekalahan SEC di depan hakim yang sama dalam kasus Grayscale. Akhirnya, tekanan dari Blackrock dan mungkin Demokrat dapat membuat penolakan ETF secara politis tidak dapat dipertahankan oleh Gensler.”

Seyffart mencatat bahwa banyak hal akan bergantung pada waktu kasus Grayscale dan peningkatan persetujuan terbaru mereka akan bergantung pada kemenangan Grayscale atas SEC di pengadilan federal. Selain itu, Seyffart percaya bahwa perjanjian berbagi pengawasan antara BlackRock dan Coinbase telah secara drastis mengubah analisis ETF Bitcoin Spot.

Pengajuan ETF Bitcoin Spot oleh BlackRock dan Lainnya

Menarik waktu ke belakang, pengajuan ETF Bitcoin Spot dimulai dengan pengajuan awal BlackRock ke SEC pada 16 Juni 2023. WisdomTree, Invesco, dan Valkyrie, bersama dengan beberapa raksasa institusional lainnya, mengikuti jejak BlackRock untuk mengajukan ETF Bitcoin spot.

Sebelumnya, SEC menolak semua pengajuan ETF Spot. Tetapi kini, menyusul gelombang pengajuan dan revisi ETF Bitcoin spot, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) telah melangkah maju dan memiliki beberapa aplikasi yang sedang ditinjau.

Baca juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Dampak Potensial Persetujuan ETF Bitcoin Spot

Balchunas percaya bahwa minat dari raksasa institusional seperti BlackRock bisa menjadi peluang terbaik untuk persetujuan ETF Bitcoin Spot. Seyffart menekankan bahwa timnya sedang berspekulasi tentang waktu kasus Grayscale, tetapi mereka membayangkan jalan termudah adalah persetujuan simultan untuk semua pengajuan ditambah Grayscale, setelah pengadilan membatalkan penolakan SEC.

Secara keseluruhan, peluang persetujuan ETF Bitcoin Spot di Amerika Serikat tampaknya meningkat, menandakan potensi perubahan signifikan dalam lanskap regulasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: