Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Melonjak ke 75% Setelah Kemenangan Grayscale: Analis dari Bloomberg Ungkap Hal Ini!

Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Melonjak ke 75% Setelah Kemenangan Grayscale: Analis dari Bloomberg Ungkap Hal Ini!

Kemenangan hukum Grayscale Investments atas Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat telah membawa angin segar bagi peluang peluncuran ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin.

Analis dari Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart, telah memperbarui perkiraan mereka dan kini memperkirakan peluang peluncuran ETF Bitcoin spot di tahun 2023 adalah 75%. Ini adalah lonjakan signifikan dari perkiraan sebelumnya yang hanya 65%. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemenangan Grayscale dan Dampaknya

peluang etf bitcoin 75 persen
Sumber: Akun Twitter Eric Bachulnas

Dilansir dari Cointelegraph, Grayscale berhasil memenangkan kasus hukumnya melawan SEC, sebuah keputusan yang bisa memiliki implikasi lebih luas untuk aplikasi ETF Bitcoin spot lainnya.

Keputusan ini juga mempengaruhi nilai Bitcoin, yang meningkat sebesar 5,4% menjadi $27.450 segera setelah keputusan pengadilan. “Pengadilan mengkritik perlakuan SEC yang tidak konsisten antara ETF Bitcoin berbasis spot dan berbasis masa depan,” menurut laporan.

Baca Juga: Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

Peluang ETF Bitcoin di Masa Depan

Dalam catatan terpisah yang dirilis pada 30 Agustus 2023, analis Bloomberg menyatakan bahwa “hakim secara bulat menolak argumen SEC, dan lembaga ini akan kesulitan untuk membenarkan penolakan lebih lanjut.”

Mereka juga menambahkan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot kemungkinan akan menjadi “sebuah kesepakatan yang sudah selesai” pada kuartal keempat tahun 2024. Balchunas bahkan mengatakan bahwa penolakan oleh SEC akan menjadi “politis yang tidak bisa diterima.”

Baca Juga: Gak Mau Kalah, Global X Ajukan ETF Bitcoin Spot dan Gadeng Coinbase Sebagai Pemantauan

Tanggal-tanggal Penting yang Akan Datang

Antara tanggal 1 hingga 4 September 2023, beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot dari BlackRock, Bitwise, VanEck, WisdomTree, Invesco, dan Fidelity akan mendekati “batas waktu keputusan pertama” oleh SEC.

Menurut analis Bloomberg, “Kami tidak akan terkejut jika SEC menunda keputusan ini.” Selain itu, SEC memiliki 45 hari untuk meminta sidang ulang setelah keputusan pengadilan. Jika tidak, pengadilan akan mengeluarkan mandat final dan arahan lebih lanjut.

Dengan kemenangan Grayscale dan perkiraan optimis dari analis Bloomberg, masa depan ETF Bitcoin tampaknya lebih cerah dari sebelumnya. Namun, masih ada beberapa rintangan dan tanggal penting yang perlu dipantau.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: