Ada Peluang ‘Besar’ Untuk Crypto di Tahun 2023? Ini Kata Vitalik Buterin!

Ada Peluang ‘Besar’ Untuk Crypto di Tahun 2023? Ini Kata Vitalik Buterin!

Siapa yang tak mengenal Vitalik Buterin? Ia merupakan salah satu pendiri Ethereum dan seorang tokoh yang terkenal dan berpengaruh di industri crypto.

Baru-baru ini, dikutip dari Cointelegraph, Vitalik Buterin, telah berbagi mengenai tiga peluang “besar” yang belum direalisasikan dalam crypto, beberapa di antaranya adalah adopsi dompet secara massal, stablecoin yang tahan dengan inflasi, dan login situs web yang didukung Ethereum.

Ingin tahu lebih detail terkait tiga hal tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Adopsi Crypto Wallet Secara Massal Belum Tercapai

Dalam sebuah wawancara Buterin dengan co-owner Bankless, David Hoffman, Buterin berbagi pandangannya untuk industri crypto pada tahun 2023. Wawancara tersebut telah diunggah ke Youtube channel Bankless Shows yang memiliki lebih dari 190.000 subscriber.

Dikutip dari wawancara tersebut, Buterin menanggapi kekhawatiran Hoffman yang menyatakan bahwa “gelombang adopsi” untuk aplikasi terdesentralisasi sekarang sudah berakhir dan bahwa ada “lebih sedikit peluang” bagi para developer untuk masuk dan membangun aplikasi terdesentralisasi baru.

Menurut Cointelegraph, Buterin justru mengabaikan “periode limbo” yang disinggung oleh Hoffman. Hal pertama, Buterin menyarankan bahwa pengembangan yang lebih banyak perlu dilakukan pada infrastruktur wallet untuk membuat crypto lebih mudah digunakan oleh orang biasa dan memastikan bahwa wallet tersebut dapat menampung miliaran pengguna.

“Jika Anda bisa membuat dompet yang dapat digunakan satu miliar orang, itu adalah peluang yang besar,” kata salah satu pendiri Ethereum, dikutip dari Youtube Channel Bankless Shows, Selasa (20/11/2022).

Baca Juga: Prediksi Harga Ethereum 2023, Bisa Melonjak Hingga Berkali-Kali Lipat? Ini Kata Vitalik Buterin!

Belum Ada Stablecoin yang Tahan Dengan Kondisi ‘Inflasi’

Vitalik Buterin and Bankless Shows Youtube_1
Sumber: Youtube Channel Bankless Shows

Hal kedua, Buterin mengatakan bahwa penciptaan stablecoin yang tahan dengan hiperinflasi dan dapat diakses secara global yang dapat bertahan dalam semua jenis kondisi, baik secara on-chain maupun dalam makroekonomi yang lebih luas, akan menjadi revolusioner bagi industri crypto, ia menyatakan bahwa:

“Jika Anda dapat membuat stablecoin yang dapat bertahan dari apapun, termasuk hiperinflasi dolar AS, maka Anda memiliki potensi yang luar biasa untuk menciptakan sesuatu yang akan terasa seperti lifeline bagi semua orang dalam situasi itu,” ujar Vitalik Buterin, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (20/12/2022).

Dilansir dari Cointelegraph, dalam wawancara tersebut, Buterin tidak memberi saran teknis apapun tentang bagaimana hal tersebut dapat dicapai.

Login Situs Web yang Didukung Ethereum Belum Terealisasi

Vitalik Buterin and Bankless Shows Youtube
Sumber: Youtube Channel Bankless Shows

Hal yang terakhir, Buterin mengatakan setiap kemajuan teknis yang mengarah pada Ethereum mengambil kemampuan login dari Facebook, Google, Twitter. Tak hanya itu, monopoli terpusat lainnya akan memungkinkan Ethereum untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar untuk aplikasi berbasis web atau internet.

“Jika Anda bisa membuat Ethereum berfungsi untuk sign-in dan jika Anda bisa melengserkan Facebook, Google, dan Twitter sebagai raja internet, itu adalah peluang besar, bukan?” ujar Vitalik Buterin, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (20/12/2022).

Dalam wawancara tersebut, Buterin juga menyatakan bahwa peluang untuk mengisi celah pasar masih belum jelas karena tingginya tingkat persaingan.

Belum lama ini, pada pertengahan Desember 2022, Vitalik Buterin menerbitkan sebuah tulisan di blog-nya yang membahas tentang ekosistem Ethereum. Dalam blog-nya, Buterin juga membahas mengenai uang, DeFi, identitas digital, DAO, dan aplikasi hybrid, dan lain sebagainya.

Referensi: