Pekan Emas Aset Kripto: Bitcoin dan Altcoin Meroket, Investor Bergembira!

author:

Pekan Emas Aset Kripto: Bitcoin dan Altcoin Meroket, Investor Bergembira!

Jakarta, Pintu News – Pekan ini menjadi saksi bisu kebangkitan pasar kripto, di mana harga aset kripto terkemuka melonjak tajam, didorong oleh aktivitas investor yang meningkat.

Dari pantauan grafik kripto, aktivitas bullish yang meningkat dalam tujuh hari terakhir telah mendorong kapitalisasi pasar total menjadi $2,66 triliun, dengan volume perdagangan 24 jam mencapai $87,8 miliar.

Kenaikan ini mengikuti likuidasi kecil yang disebabkan oleh faktor mikroekonomi dan pasar, namun pasar berhasil membalikkan arus dan kembali menguat.

Dominasi Bitcoin Membawa Angin Segar

Bitcoin, sebagai pemimpin pasar, telah menyeret aset kripto lainnya ke puncak pekan ini dengan mencatatkan arus masuk institusional bersih.

Baca juga: Bitcoin Menuju $75.000: Harapan Baru atau Hanya Mimpi Semu?

Meskipun Bitcoin mengalami outflow minggu lalu yang memicu penjualan di pasar, koreksi tajam telah terjadi dengan analis memproyeksikan harga yang lebih tinggi.

Sumber: CoinMarketCap

Saat ini, Bitcoin diperdagangkan pada $70.371, naik 11% dalam pekan ini, meningkatkan arus bulanannya menjadi 16,69%. ETF Bitcoin spot tetap menjadi faktor utama di balik arus masuk rekor ke aset ini, dengan keberhasilan ETF tersebut memicu pembicaraan tentang ETF aset kripto lainnya.

Halving Bitcoin yang akan datang juga menjadi pendorong bullish utama, dengan para penambang dan trader menata ulang kepemilikan mereka bulan ini. Ini menandakan optimisme yang tumbuh di kalangan investor terhadap masa depan Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan.

Altcoin Ikut Merayakan Lonjakan

Tak ketinggalan, altcoin juga mencatatkan kenaikan signifikan pekan ini. Ethereum naik 7,38% menjadi $3.552, pulih dari kerugian minggu sebelumnya.

BNB dan Solana juga mencatatkan kenaikan masing-masing sebesar 13,33% dan 11,58% dalam tujuh hari terakhir. Toncoin (TON) dan Internet Computer (ICP) bahkan mencatatkan lonjakan yang lebih tinggi, masing-masing 21% dan 35%, meningkatkan kapital pasar altcoin.

Kenaikan Bitcoin telah memicu dorongan di antara aset kripto lainnya, dengan Ethereum mengantisipasi ETF-nya sendiri.

Analis menyarankan bahwa ETF Ethereum spot di Amerika Serikat akan mendorong investasi di aset tersebut, ditambah dengan fitur staking-nya.

Baca juga: 5 Altcoin yang Wajib Kamu Pantau di April 2024!

Memecoin Juga Bergabung dalam Pesta

Ekosistem memecoin naik 7% dalam 24 jam terakhir dan menunjukkan arus masuk mingguan di beberapa sektor.

Dogecoin dan Shiba Inu melonjak 40% dan 15% dalam tujuh hari terakhir. Sementara itu, ekosistem Solana mencatat pertumbuhan dengan kenaikan 13,5% hari ini, dengan dua aset teratasnya, dogwifhat dan BONK, mencatat pertumbuhan mingguan 67,7% dan 21,8%.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured image: U Today