Peaq Raih Pendanaan $15 Juta untuk Kembangkan Jaringan DePIN

Peaq Raih Pendanaan $15 Juta untuk Kembangkan Jaringan DePIN

Startup blockchain asal Jerman, peaq, baru saja mengumumkan keberhasilannya dalam mengamankan pendanaan sebesar $15 juta dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Generative Ventures dan Borderless Capital.

Peaq, yang berfokus pada jaringan infrastruktur fisik terdesentralisasi (DePIN), mengungkapkan putaran pendanaan ini menjelang peluncuran mainnet mereka di bulan Mei.

Pendanaan Seri A untuk Perkembangan DePIN

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Generative Ventures dan Borderless Capital, dengan partisipasi dari Spartan Group, HV Capital, CMCC Global, Animoca Brands, Moonrock Capital, Fundamental Labs, dan investor lainnya. Di balik jaringan peaq terdapat startup EoT Labs yang berbasis di Berlin, yang didirikan pada tahun 2017 oleh Leonard Dorlöchter, Max Thake, dan Till Wendler.

Blockchain peaq menerapkan desentralisasi pada infrastruktur dan sistem fisik, dengan tujuan membangun jaringan “Economy of Things”. DePIN menggunakan teknologi blockchain untuk memberi insentif kepada orang-orang agar membangun, memiliki, dan menjalankan infrastruktur fisik di dunia nyata, sehingga mendistribusikan kontrol ke seluruh jaringan dan menghindari sentralisasi di tangan satu organisasi.

Baca Juga: 3 Crypto Terjangkau yang Layak Dibeli di April 2024: DOGE, TRON, SHIB

Berbagai inisiatif di berbagai industri sedang mengeksplorasi kasus penggunaan DePIN, seperti sistem energi untuk perdagangan energi peer-to-peer, rantai pasokan, telekomunikasi untuk akses internet, dan penyimpanan data untuk manajemen data yang aman. Data dari perusahaan intelijen Messari menunjukkan bahwa valuasi pasar DePIN dapat mencapai $3,5 triliun dalam empat tahun ke depan.

Solusi untuk Pengembang dan Perluasan Ekosistem

ekosistem depin crypto
Sumber: Cointelegraph

Startup ini menawarkan DePIN dengan Modular DePIN Functions, yang merupakan fungsi siap pakai yang memungkinkan DePIN membangun dan menyebarkan proyek mereka di blockchain. Fitur yang tersedia untuk proyek termasuk platform tokenisasi mesin dan program DePIN Accelerator.

Pada tahun 2021, peaq mengumpulkan hampir $2,7 juta dalam putaran pendanaan awal. Dana tambahan ini terutama akan dialokasikan untuk perluasan ekosistem dan pengembangan lebih lanjut solusi untuk pengembang.

Peluncuran Mainnet dan Penawaran Publik

Pengumuman ini datang menjelang peluncuran mainnet peaq yang direncanakan, yang akan berlangsung pada bulan Mei, dengan penawaran publik dan pencatatan token juga diharapkan dalam beberapa minggu mendatang.

“Saat kami mendekati peluncuran mainnet dan penawaran publik, ini adalah periode yang akan sangat menentukan keberhasilan peaq di masa depan,” kata salah satu pendiri peaq, Till Wendler. “Rencana kami adalah untuk lebih membuka peaq kepada komunitas, memberinya akses ke token, dan berjalan lebih jauh untuk mendukung proyek-proyek yang dibangun di peaq.”

Baca Juga: Solana: Pertumbuhan DeFi yang Luar Biasa dan Dampak Meme Coin

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi