Analis JPMorgan Ungkap Stablecoin PayPal (PYUSD) dapat Meningkatkan Aktivitas Ethereum, Kok Bisa?

author:

Analis JPMorgan Ungkap Stablecoin PayPal (PYUSD) dapat Meningkatkan Aktivitas Ethereum, Kok Bisa?

PayPal, salah satu raksasa keuangan dunia, telah meluncurkan stablecoin PYUSD yang dibangun di atas Ethereum. Langkah ini diperkirakan akan memberikan manfaat signifikan bagi adopsi blockchain Ethereum dan ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Manfaat PYUSD bagi Ethereum

analis jpmorgan payusd ethereum
Analis JPMorgan, Nikolaos Panigirtzoglou – Sumber: CNBC

Menurut analis JPMorgan, PYUSD dapat mengisi kekosongan sebesar $20 miliar yang ditinggalkan oleh sanksi pada stablecoin BUSD sebelumnya. Jika ini terjadi, nilai total yang terkunci (TVL) dalam DeFi akan beralih dari Binance Smart Chain ke Ethereum dan platform lapisan 2-nya.

Lebih lanjut, analis JPMorgan, Nikolaos Panigirtzoglou mengatakan kepada The Block,

“Ini dapat meningkatkan aktivitas Ethereum dan meningkatkan utilitas jaringan Ethereum sebagai platform stablecoin/DeFi. Dengan kata lain, lebih banyak perusahaan akan didorong di masa depan untuk memilih blockchain Ethereum (atau platform layer 2-nya) untuk proyek stablecoin atau proyek terdesentralisasi mereka.”

Integrasi PYUSD ke dalam layanan PayPal seperti checkout, pengiriman uang, pembayaran tagihan, dan lainnya akan meningkatkan volume transaksi di Ethereum. Hal ini akan menguntungkan ETH sebagai token asli dan memperkuat posisi Ethereum untuk adopsi blockchain perusahaan.

Baca juga: Kontroversi Stablecoin PayPal, Begini Tanggapan Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat

Pemilihan PayPal untuk menerbitkan PYUSD di Ethereum menandakan validasi signifikan. Sebagai salah satu perusahaan keuangan tradisional terbesar yang memeluk crypto, langkah PayPal ini mendukung Ethereum sebagai blockchain ideal untuk integrasi aset digital mainstream.

Tantangan Skalabilitas dan Biaya Ethereum

Meskipun Ethereum menangani sebagian besar volume transaksi stablecoin berkat kekuatan ekosistem DeFi-nya, biaya gas yang tinggi dan masalah kemacetan tetap menjadi hambatan bagi adopsi PYUSD.

“Biaya gas untuk menggunakan PYUSD akan sangat mahal, yang akan membuat penggunaannya tidak menarik,” Jayendra Jog, salah satu pendiri Sei Network, jaringan blockchain Layer 1 yang sedang dikembangkan yang bertujuan untuk menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah, mengatakan kepada The Block.

“Untuk membantu membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik, PayPal perlu mensubsidi biaya transaksi atau perlu membantu mendukung PYUSD di jaringan lain dengan biaya gas yang lebih murah,” kata Jog.

PayPal mungkin perlu mensubsidi biaya atau membangun solusi lapisan 2 untuk meningkatkan kegunaan. Namun, Ethereum sedang dalam proses pembaruan untuk meningkatkan skalabilitas.

Meskipun ada masalah skalabilitas, langkah PayPal menanam benih bagi Ethereum untuk berkembang sebagai rumah inovasi keuangan digital yang diatur.

Baca juga: Dua Raksasa Ethereum Ini Dominasi Kebangkitan DeFi! Tahu Keduanya?

Regulasi dan Dukungan Pemerintah untuk Stablecoin

ruu stablecoin di amerika serikat
Sumber: PYMNTS

Banyak yang percaya bahwa PayPal mungkin telah menerima jaminan dari regulator sebelum meluncurkan PYUSD. Ini menunjukkan bahwa pemerintah AS menyambut integrasi crypto jika dilakukan dengan bertanggung jawab oleh perusahaan keuangan terpusat yang mapan.

Jika adopsi PYUSD dan stablecoin patuh lainnya mempercepat, regulator mungkin secara bertahap menyediakan kerangka kerja untuk stablecoin terdesentralisasi juga. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan DeFi Ethereum yang lebih luas.

Sebagai stablecoin terpusat yang diterbitkan oleh perusahaan keuangan besar yang diatur, PYUSD cocok lebih rapi ke dalam kerangka kerja kepatuhan yang ada daripada token terdesentralisasi.

Pada akhirnya, peluncuran PYUSD oleh PayPal di Ethereum menandai titik balik penting dalam integrasi crypto ke dunia keuangan tradisional. Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi, kolaborasi ini menunjukkan potensi besar untuk pertumbuhan dan inovasi di sektor keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: