PayPal Luncurkan Stablecoin, Akankah Jadi Pendorong Pembayaran Crypto?

PayPal Luncurkan Stablecoin, Akankah Jadi Pendorong Pembayaran Crypto?

PayPal Holdings Inc. meluncurkan stablecoin, yang pertama oleh perusahaan keuangan besar dan berpotensi menjadi pendorong signifikan bagi adopsi aset digital yang lamban untuk pembayaran.

PayPal USD (PYUSD) diterbitkan oleh Paxos Trust Co. dan didukung penuh oleh simpanan dolar AS, Treasury jangka pendek, dan setara kas serupa, kata perusahaan pembayaran yang berbasis di San Jose, California itu pada hari Senin. Ini dipatok ke dolar dan secara bertahap akan tersedia untuk pelanggan PayPal di AS.

PayPal USD: Stablecoin Pertama dari Perusahaan Keuangan Besar

PayPal USD adalah stablecoin pertama yang diluncurkan oleh perusahaan keuangan besar. Ini merupakan langkah signifikan dalam adopsi crypto digital untuk pembayaran. PayPal USD didukung penuh oleh simpanan dolar AS, Treasury jangka pendek, dan setara kas serupa, sehingga nilainya stabil dan dapat dipercaya.

Baca Juga: Top 3 Reddit Points Token yang Wajib Kamu Ketahui di 2024: MOON, BRICKS, DONUT

PayPal USD akan tersedia untuk pelanggan PayPal di AS secara bertahap. Ini akan memungkinkan pengguna PayPal untuk melakukan pembayaran menggunakan stablecoin, yang menawarkan biaya rendah dan kecepatan transaksi yang tinggi. PayPal USD juga akan tersedia di Venmo, layanan pembayaran seluler milik PayPal.

Manfaat PayPal USD untuk Konsumen, Pedagang, dan Pengembang

paypal luncurkan fitur cryptocurrencies hub
Sumber: CNBC

PayPal USD menawarkan sejumlah manfaat bagi konsumen, pedagang, dan pengembang. Bagi konsumen, PayPal USD menyediakan cara pembayaran yang aman, cepat, dan murah. Bagi pedagang, PayPal USD dapat membantu meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya transaksi. Bagi pengembang, PayPal USD dapat digunakan untuk membangun aplikasi dan layanan keuangan baru.

PayPal USD dirancang untuk mengurangi gesekan untuk pembayaran dalam pengalaman di lingkungan virtual, memfasilitasi transfer nilai yang cepat untuk mendukung teman dan keluarga, mengirim pengiriman uang atau melakukan pembayaran internasional, memungkinkan aliran langsung ke pengembang dan pembuat konten, dan mendorong ekspansi berkelanjutan ke aset digital oleh merek-merek terbesar di dunia.

Sebagian besar volume stablecoin saat ini digunakan di lingkungan khusus Web3 – PayPal USD akan kompatibel dengan ekosistem itu sejak hari pertama dan akan segera tersedia di Venmo.

Transparansi dan Keamanan PayPal USD

PayPal USD diterbitkan oleh Paxos Trust Company, perusahaan perwalian tujuan terbatas berlisensi penuh yang tunduk pada pengawasan peraturan oleh New York State Department of Financial Services. Pada bulan Juni 2022, PayPal diberikan BitLicense oleh NYDFS setelah sebelumnya memperoleh BitLicense bersyarat.

Cadangan untuk PayPal USD didukung penuh oleh simpanan dolar AS, Treasury AS, dan setara kas serupa, dan PayPal USD dapat dibeli atau dijual melalui PayPal dengan nilai $1,00 per PayPal USD. Mulai September 2023, Paxos akan menerbitkan Laporan Cadangan bulanan publik untuk PayPal USD yang menguraikan instrumen yang menyusun cadangan.

Paxos juga akan menerbitkan pengesahan pihak ketiga publik atas nilai aset cadangan PayPal USD. Pengesahan akan dikeluarkan oleh firma akuntansi pihak ketiga independen dan dilakukan sesuai dengan standar pengesahan yang ditetapkan oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA).

Fokus pada Edukasi, Pemahaman, dan Adopsi Mata Uang Digital

stablecoin paypal

Selain membangun produk dan layanan yang menambah utilitas mata uang digital, PayPal fokus pada peningkatan pemahaman konsumen dan pedagang tentang mata uang crypto, stablecoin, dan mata uang digital bank sentral (CBDC), sambil bekerja sama dengan regulator seiring perkembangan industri.

Selain menawarkan PayPal USD untuk pemegang akun AS, PayPal saat ini menawarkan pelanggan kemampuan untuk membeli, menahan, menjual, dan mentransfer mata uang crypto tertentu, dan menyediakan konten edukasi untuk membantu pemegang akun memahami risiko dan kemungkinan seputar teknologi.

PayPal USD: Langkah Besar dalam Adopsi Crypto untuk Pembayaran

Peluncuran PayPal USD merupakan langkah besar dalam adopsi crypto untuk pembayaran. Stablecoin ini menawarkan sejumlah manfaat bagi konsumen, trader, dan pengembang. PayPal USD didukung penuh oleh simpanan dolar AS, Treasury jangka pendek, dan setara kas serupa, sehingga nilainya stabil dan dapat dipercaya. PayPal USD juga akan tersedia di Venmo, layanan pembayaran seluler milik PayPal.

Baca Juga: Bitcoin Kalahkan Emas dalam Portofolio Investor: Analisis JPMorgan Mengejutkan Pasar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi