Inisiatif Baru: PayPal Beri Reward untuk Penambang Bitcoin Berkelanjutan!

author:

Inisiatif Baru: PayPal Beri Reward untuk Penambang Bitcoin Berkelanjutan!

Jakarta, Pintu News – Raksasa pembayaran internasional, PayPal, baru-baru ini telah mengusulkan untuk membuat penambangan Bitcoin yang berkelanjutan menjadi lebih menarik secara ekonomi, dengan memberikan imbalan kepada para penambang melalui insentif di atas jaringan Bitcoin.

Kira-kira, seperti apa ya cara kerja inisitif dari ini?

Insentif Kriptoekonomi untuk Penambang Hijau

Kelompok Riset Blockchain PayPal, bekerja sama dengan Energy Web dan DMG Blockchain Solutions, telah mengusulkan penggunaan “insentif kriptoekonomi” untuk mendorong para penambang Bitcoin agar menggunakan sumber energi rendah karbon.

Baca juga: PayPal Ventures Berinvestasi pada Mesh dengan Stablecoin PYUSD!

Perusahaan berharap insentif eksperimental ini dapat berkontribusi pada diskusi dan inovasi lebih lanjut mengenai Bitcoin dan sedang mencari umpan balik industri tentang potensi perbaikan.

Menurut usulan tersebut, penambang “hijau” yang menggunakan sumber energi berkelanjutan akan mendapatkan akreditasi dengan “kunci hijau” khusus, yang akan dikaitkan dengan kunci publik mereka.

Transaksi Bitcoin akan secara preferensial diarahkan ke penambang hijau ini dengan cara menempelkan biaya yang lebih rendah namun dengan tambahan hadiah BTC yang terkunci dalam alamat pembayaran multisig yang hanya bisa diklaim oleh penambang hijau tersebut.

“Penambang hijau akan termotivasi untuk menambang transaksi ini karena mereka adalah satu-satunya yang memenuhi syarat untuk hadiah BTC ‘terkunci’ tambahan tersebut,” jelas proposal itu.

Hal ini mendorong penambang yang didorong oleh keuntungan rasional untuk beroperasi dengan sumber karbon rendah untuk mendapatkan hadiah BTC ekstra tersebut.

Bukti Hijau untuk Bitcoin

Lebih lanjut, menurut dokumen tersebut, solusi yang diusulkan akan memanfaatkan platform “Green Proofs for Bitcoin” dari Energy Web agar penambang dapat tersertifikasi berdasarkan skor energi bersih dan dampak jaringan mereka.

Penambang hijau dapat mendaftar dan membagikan kunci hijau mereka di platform sebagai peserta program insentif.

PayPal BRG menyatakan bahwa mereka telah berhasil menguji solusi yang diusulkan dengan penambang Bitcoin, DMG Blockchain Solutions Inc.

Selama pengujian, mereka menyiarkan beberapa transaksi dengan biaya rendah untuk mengamati efektivitasnya di bawah berbagai tingkat volume transaksi on-chain.

Baca juga: Saham Crypto AS Meroket di Hari Pertama Perdagangan Pasca Halving Bitcoin!

Bergantung pada volume transaksi, “transaksi ini bisa memakan waktu lama untuk dikonfirmasi atau pada akhirnya akan dihapus oleh jaringan,” sebelum mereka menambahkan, “Hal ini akan meningkatkan peluang bagi penambang hijau untuk mengambil transaksi ini.”

fear and greed index bitcoin
Sumber: Bitcoinist

Upaya PayPal untuk mempromosikan penambangan Bitcoin yang berkelanjutan sejalan dengan meningkatnya kekhawatiran tentang dampak lingkungan dari penambangan kripto.

Penambangan Bitcoin dikenal sebagai proses intensif energi yang mengkonsumsi sejumlah besar listrik, yang sebagian besar berasal dari sumber bahan bakar fosil. Inisiatif PayPal untuk memberi penghargaan kepada penambang hijau bertujuan untuk mendorong adopsi sumber energi terbarukan dan mengurangi jejak karbon penambangan Bitcoin.

Dengan menawarkan insentif ekonomi, PayPal berharap dapat memotivasi para penambang untuk beralih ke praktik penambangan yang lebih berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CNBC