Melangkah Lebih Jauh, PayPal Ajukan Serangkaian Aplikasi Paten NFT dan Metaverse!

author:

Melangkah Lebih Jauh, PayPal Ajukan Serangkaian Aplikasi Paten NFT dan Metaverse!

PayPal, yang dikenal sebagai salah satu platform pembayaran terbesar di dunia, kini memperluas cakupannya ke ranah crypto. Melalui serangkaian aplikasi paten yang baru-baru ini dipublikasikan, perusahaan ini menunjukkan ambisinya untuk membangun ekosistem blockchain yang kuat, mencakup NFT, Metaverse, dan solusi Layer-2.

Membangun Infrastruktur NFT

PayPal nampaknya tengah membuat kemajuan besar dalam menciptakan ekosistem blockchain-nya sendiri dengan mengajukan permohonan paten untuk sistem pembelian dan transfer non-fungible token (NFT).

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Menggambar NFT, Kamu Sudah Punya?

Aplikasi yang diajukan pada bulan Maret dan diterbitkan pada 21 September 2023 ini menjelaskan cara untuk melakukan transaksi dengan NFT, baik secara on-chain maupun off-chain.

Permohonan paten, yang masih tertunda, menjelaskan sistem di mana pengguna dapat membeli dan menjual NFT melalui penyedia layanan pihak ketiga. Penyedia tersebut tidak disebutkan secara spesifik, meskipun Ethereum disebutkan dalam teks.

PayPal membayangkan menggunakan potensi penuh NFT untuk tokenisasi, jauh melampaui pertukaran barang koleksi elektronik:

“NFT dalam contoh ini dapat mewakili setiap bagian unik dari data digital yang dapat dilacak menggunakan buku besar blockchain yang terdesentralisasi. [Contoh aset tersebut termasuk […] gambar dan video digital, musik, barang koleksi, dan seni digital lainnya bersama dengan akta kepemilikan pribadi, tiket acara, dokumen hukum, dan item dunia nyata lainnya.”

aplikasi paten paypal nft
Skema perdagangan NFT off-chain, seperti yang diusulkan oleh PayPal. Sumber: USPTO

Lebih lanjut, PayPal melihat potensi besar dari NFT, tidak hanya sebagai koleksi elektronik, tetapi juga sebagai representasi dari aset digital lainnya seperti gambar, video, musik, tiket acara, dokumen hukum, dan banyak lagi.

Visi PayPal untuk Metaverse

Salah satu aplikasi paten menyebut konsep “omniverse”, yang menunjukkan produk yang beroperasi di beberapa metaverse. PayPal mengembangkan “prosesor transaksi online” yang memberikan rekomendasi pembelian aset digital berdasarkan preferensi blockchain pengguna dan interaksi mereka di berbagai Metaverse.

Prosesor ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembayaran antara pengguna dan pedagang yang beroperasi di lapisan jaringan yang berbeda, termasuk layer-1 dan layer-2.

Selain itu, aplikasi paten ini memberikan wawasan tentang bagaimana PayPal memandang potensi integrasi teknologi blockchain dengan produk dan layanan mereka yang ada.

Baca juga: Perluas Layanan Web3nya, PayPal Integrasikan Pembayaran On dan Off Ramps

Masa Depan PayPal di Dunia Crypto

PayPal telah aktif dalam dunia crypto, mulai dari menawarkan perdagangan Bitcoin pada September 2020 hingga meluncurkan stablecoin sendiri, PYUSD, pada Agustus lalu.

Dengan stablecoin berbasis Ethereum ini, PayPal memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mendanai pembelian, layanan, dan konversi dengan berbagai crypto yang didukung oleh platformnya.

Dengan serangkaian paten yang diajukan, jelas bahwa PayPal sedang mempersiapkan diri untuk memainkan peran penting dalam evolusi industri crypto.

PayPal, dengan langkah-langkah strategisnya di dunia crypto, menunjukkan visi jangka panjang untuk mengintegrasikan teknologi blockchain dengan layanan keuangan tradisional. Dengan fokus pada NFT, Metaverse, dan solusi Layer-2, masa depan PayPal di dunia crypto tampaknya cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: