Laporan Transparansi Paxos Ungkap PayPal USD (PYUSD) Terbukti 100% Dijamin oleh Aset!

author:

Laporan Transparansi Paxos Ungkap PayPal USD (PYUSD) Terbukti 100% Dijamin oleh Aset!

Dalam langkah transparansi yang mengejutkan, Paxos, penerbit stablecoin PYUSD milik PayPal, telah merilis laporan transparansi pertamanya. Laporan tersebut menegaskan bahwa PYUSD sepenuhnya didukung oleh aset, dengan total token yang beredar mencapai $44,4 juta per 31 Agustus 2023.

Aset Pendukung PYUSD

laporan paxos pyusd
Data dari laporan transparansi PYUSD Paxos. Sumber: Paxos

Sebagian besar aset PYUSD didukung oleh perjanjian pembelian kembali Treasury AS. Sebanyak $43 juta, atau hampir 97% dari total aset dalam penyimpanan PYUSD, disimpan dalam perjanjian pembelian kembali Treasury.

Baca juga: Perluas Layanan Web3nya, PayPal Integrasikan Pembayaran On dan Off Ramps

Perjanjian pembelian kembali adalah kesepakatan antara dua pihak di mana satu pihak setuju untuk menjual sekuritas kepada pihak lain dengan harga tertentu. Selain itu, pembeli memiliki komitmen untuk membeli kembali sekuritas tersebut pada tanggal tertentu dengan harga yang biasanya lebih tinggi.

Paxos menjelaskan,

“Perjanjian pembelian kembali kami memiliki jatuh tempo semalam dengan lembaga keuangan terkemuka dan dijamin lebih dari nilai dengan Treasury AS. Dalam hal adanya wanprestasi oleh pihak lawan, Paxos dapat melikuidasi jaminan Treasury AS untuk memulihkan diri.”

Aset Lain yang Mendukung PYUSD

stablecoin paypal

Selain perjanjian pembelian kembali Treasury, Paxos juga memiliki $1,5 juta dalam deposit tunai per 31 Agustus 2023, yang disimpan di lembaga penyimpanan yang diasuransikan.

Meskipun demikian, ada risiko tertentu yang terkait dengan aset yang dipegang oleh perusahaan. Laporan tersebut mencatat bahwa,

“Paxos saat ini tidak memiliki polis asuransi deposit swasta yang tidak diasuransikan yang aktif.”

Selain itu, tidak semua deposit dilindungi oleh FDIC atau asuransi swasta, sehingga Paxos “masih dapat mengalami kerugian dalam hal kebangkrutan bank.”

Baca juga: PayPal USD (PYUSD) Stablecoin Baru yang Gemparkan Dunia Crypto!

Dampak dan Reaksi Pasar

Laporan transparansi ini datang beberapa minggu setelah Paxos dan PayPal memperkenalkan PYUSD pada 7 Agustus. Pada akhir Agustus, 90% dari PayPal USD dilaporkan disimpan di dompet Paxos, sementara sekitar 7% didistribusikan di bursa seperti Kraken, Gate.io, dan Crypto.com.

Pada 12 September 2023, perusahaan pembayaran crypto besar, BitPay, mengadopsi PYUSD sebagai opsi pembayaran di platformnya, selain stablecoin yang sudah didukung seperti USD Coin.

Dengan rilis laporan transparansi ini, Paxos menunjukkan komitmennya untuk memastikan kepercayaan dan keamanan bagi pengguna PYUSD. Ini menandai langkah penting dalam membangun kepercayaan di antara pengguna dan investor dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: