Level Tertinggi Baru Sepanjang Masa: Pasokan USDT Tether Melampaui 84 Miliar!

author:

Level Tertinggi Baru Sepanjang Masa: Pasokan USDT Tether Melampaui 84 Miliar!

Pertarungan untuk menjadi raja stablecoin tampaknya telah usai. Pasalnya, Tether (USDT) terus membuktikan bahwa tidak ada proyek lain di sektor ini yang mampu menyaingi otoritasnya. Dengan pertumbuhan tahunan sebesar 22%, apa artinya ini bagi stablecoin lainnya?

USDT: Raja Stablecoin yang Tak Tertandingi

lonjakan usdt
Sumber: Twitter

USDT terus menunjukkan dominasinya di pasar stablecoin. Menurut platform wawasan blockchain, IntoTheBlock, pasokan USDT telah melampaui 84 miliar pada 5 November 2023. Ini merupakan rekor tertinggi sepanjang masa dan peningkatan 22% YoY.

Baca juga: Stablecoin Kini Raja Pasar Crypto, Lampaui DeFi dengan Lebih dari 400 Ribu Alamat Aktif!

Biasanya, ketika pasokan mata uang crypto melebihi permintaan, harganya bisa turun. Namun, dalam kasus stablecoin, semakin besar pasokannya, semakin besar permintaan dan adopsinya. Salah satu alasan peningkatan ini bisa dikaitkan dengan pemulihan pasar. Misalnya, Bitcoin (BTC), yang memulai tahun ini sekitar $16,000, kini diperdagangkan sekitar $35,000.

Kenaikan ini menunjukkan bahwa pasar bear hampir berakhir, dan pasar bull sedang datang. Biasanya, ketika tanda-tanda seperti ini muncul, peserta pasar mengambilnya sebagai peluang untuk mempersenjatai diri mereka dengan stablecoin. Dan tidak mengherankan jika USDT menjadi pilihan utama bagi pasar yang lebih luas.

Alasan Dominasi USDT dan Dampaknya bagi Stablecoin Lainnya

Berbeda dengan stablecoin lainnya, jumlah kali USDT terdepak dari dolar AS lebih sedikit. Periode yang patut diperhatikan adalah saat jatuhnya Terra Luna (LUNA) dan penyebaran FTX.

Baca juga: Tether Tingkatkan Transparansi: Laporan Atestasi Ungkap Peningkatan Kas!

Alasan lain untuk lonjakan pasokan bisa dikaitkan dengan penurunan kepercayaan terhadap Circle (USDC). Hal ini sebagian besar disebabkan oleh hubungan proyek ini dengan beberapa bank yang runtuh lebih awal tahun ini. Metrik lain yang membuktikan dominasi USDT adalah Dominasi Sosial.

Menurut data yang dinilai dari Santiment, dominasi sosial USDT telah meningkat menjadi 5,95% pada saat pers. USDC, di sisi lain, memiliki dominasi yang hanya 0,33%. Lonjakan dalam metrik ini berarti bahwa USDT mendapatkan banyak hype dibandingkan dengan mata uang crypto lainnya di 100 besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: