Rekor Baru! Pasokan Bitcoin yang Dimiliki Investor Jangka Panjang Mencapai Puncak Tertinggi

author:

Rekor Baru! Pasokan Bitcoin yang Dimiliki Investor Jangka Panjang Mencapai Puncak Tertinggi

Pecinta crypto, ada kabar gembira nih! Pasokan Bitcoin yang dimiliki oleh investor jangka panjang kini tercatat telah mencapai puncak tertinggi sepanjang sejarah. Data dari Glassnode menunjukkan bahwa pasokan Bitcoin yang beredar dan dimiliki oleh investor jangka panjang mencapai rekor baru. Simak selengkapnya, yuk!

Investor Jangka Panjang Semakin Menyimpan Bitcoin

investor jangka panjang bitcoin
Data Glassnode tentang metrik aktif terakhir pasokan bitcoin

Data menunjukkan bahwa 68% dari pasokan Bitcoin yang beredar telah disimpan dan tidak tersentuh selama lebih dari satu tahun. Bahkan, metrik Bitcoin untuk koin yang disimpan selama lebih dari lima tahun kini mencapai hampir 30% dari total jumlah yang beredar.

Analisis dari Glassnode menunjukkan bahwa investor Bitcoin yang sudah ada semakin enggan untuk melepaskan kepemilikan mereka.

“Pasokan Bitcoin cukup ketat dengan beberapa ukuran pasokan seperti pasokan yang tidak likuid, koin yang ditahan (HODLed), dan pasokan pemegang jangka panjang berada di level tertinggi sepanjang sejarah,” kata analis Glassnode.

Pasokan Bitcoin yang Tidak Likuid Meningkat

Pasokan Bitcoin yang tidak likuid, yang mengukur jumlah pasokan yang disimpan di dompet dengan sejarah pengeluaran minimal, juga mencapai puncak tertinggi sepanjang masa sebesar 15,4 juta Bitcoin.

Data menunjukkan bahwa tingkat perubahan bulanan untuk pasokan yang tidak likuid berada dalam periode keuntungan bersih multi-tahun, saat ini meningkat dengan laju lebih dari 71.000 Bitcoin per bulan.

Pemisahan Antara Investor Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Data Glassnode tentang pasokan bitcoin yang tidak likuid

Lebih lanjut, menurut Glassnode, terjadi divergensi kuat antara pasokan pemegang jangka panjang dan jangka pendek, yang berada pada level terendah sepanjang masa. Perilaku pengeluaran pemegang Bitcoin jangka pendek telah berubah setelah lonjakan Bitcoin di atas level kunci $30,000.

“Lonjakan baru-baru ini menunjukkan bahwa perubahan karakter pasar telah terjadi sekarang bahwa pasar telah melonjak di atas level kunci $30.000,” kata analisis Glassnode.

Dengan pasokan Bitcoin yang semakin mengetat dan dominasi pemegang jangka panjang, tampaknya Bitcoin akan terus menguat. Jadi, bagi kamu yang merupakan investor jangka panjang, ini bisa menjadi kabar baik. Tetap pantau pergerakan pasar ya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: