Capai $161 Miliar, Pasar Stablecoin Tercatat Melonjak ke Level Tertinggi Sejak April 2022!

author:

Array

Capai $161 Miliar, Pasar Stablecoin Tercatat Melonjak ke Level Tertinggi Sejak April 2022!

Jakarta, Pintu News – Pasar stablecoin menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang signifikan, dengan kapitalisasi pasar mencapai $161 miliar pada bulan Mei 2024.

Angka ini merupakan level tertinggi sejak April 2022 dan menandai pertumbuhan selama delapan bulan berturut-turut.

Market Cap Stablecoin Melonjak

Menurut laporan baru dari CCData, kapitalisasi pasar stablecoin mencapai level tertinggi sejak April 2022, setelah delapan bulan berturut-turut mengalami pertumbuhan.

Sumber: X

Baca juga: PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD di Solana: Transaksi Lebih Cepat dan Murah!

Platform analitik mata uang kripto ini melaporkan pada 29 Mei 2024 bahwa kapitalisasi pasar stablecoin naik 0,63% dari awal bulan, mencapai $161 miliar. Namun, dominasi pasar stablecoin sedikit menurun menjadi 6,07%, turun dari 7% di bulan Maret.

“Penurunan ini menggarisbawahi pemulihan harga aset kripto utama, yang mencerminkan peningkatan sentimen pasar setelah persetujuan tak terduga dari ETF spot Ethereum di AS.”

Kapitalisasi Pasar Stablecoin USDe dan USDT Meningkat

Dari sepuluh stablecoin teratas, kapitalisasi pasar Athena USDe naik selama lima bulan berturut-turut, meningkat 11,6% menjadi $2,61 miliar. CCData mengaitkan kenaikan ini dengan penggunaannya yang diperluas sebagai jaminan untuk perdagangan abadi di Bybit.

Sementara itu, Tether, stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mencatat kapitalisasi pasar tertinggi sepanjang masa sebesar $111 miliar pada 29 Mei, meningkatkan dominasi kapitalisasi pasar stablecoin menjadi 69,3%.

Kinerja kapitalisasi pasar stablecoin sejak Maret. Sumber: CCData

Lebih lanjut, token dana BlackRock, BUIDL, melonjak 19,6% menjadi $448 juta, menjadikannya sebagai dana treasury token terbesar, melampaui BENJI milik Franklin Templeton.

Baca juga: Widih! Bank Raksasa Singapura Ini Raup Untung $200 Juta dari Investasi Ethereum

BUIDL mewakili bagian dari USD Institutional Digital Liquidity Fund BlackRock dan dapat ditukar dengan USDC dengan basis 1:1.

Volume Perdagangan USDC Meningkat

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa peningkatan kapitalisasi pasar USDC Circle selama enam bulan berturut-turut menjadi $32,6 miliar pada bulan Mei.

Peningkatan ini sejalan dengan peningkatan permintaan, dengan pasangan USDC mencatat volume perdagangan bulanan tertinggi sepanjang masa di bulan Maret. Pangsa pasar USDC berdasarkan volume perdagangan telah meningkat untuk bulan kedua menjadi 8,27%.

Laporan tersebut mencatat bahwa USDC telah diuntungkan dari peningkatan aktivitas perdagangan on-chain di jaringan seperti Base dan Solana, dengan persentase pasokan USDC di jaringan tersebut masing-masing naik menjadi 9,29% dan 7,78%.

Meskipun kapitalisasi pasar meningkat, volume perdagangan stablecoin di bursa terpusat turun ke level terendah bulanan $829 miliar pada 23 Mei.

“Aktivitas perdagangan di bursa terpusat secara historis menurun dalam dua bulan setelah peristiwa separuh Bitcoin,” tulis laporan tersebut.

Secara keseluruhan, laporan CCData menyimpulkan bahwa total kapitalisasi pasar stablecoin saat ini telah pulih dari kerugian yang terjadi sejak runtuhnya ekosistem Terra Luna dan depresiasi hampir 100% dari stablecoin algoritmik TerraClassicUSD (USTC), yang memulai tren turun selama tujuh belas bulan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coingape

Array