Pasar Stablecoin Melesat Capai $138 Miliar: Gelombang Baru Kepercayaan di Dunia Crypto!

author:

Pasar Stablecoin Melesat Capai $138 Miliar: Gelombang Baru Kepercayaan di Dunia Crypto!

Pasar stablecoin baru-baru ini mencatatkan rekor baru dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $138 miliar, menandai pertumbuhan yang signifikan dan menunjukkan gelombang kepercayaan baru di dunia crypto.

Dengan peningkatan volume perdagangan dan kapitalisasi pasar, stablecoin semakin menegaskan posisinya sebagai tulang punggung ekosistem crypto.

Mari kita ulas faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan ini dan dampaknya terhadap pasar secara keseluruhan.

Pertumbuhan Kapitalisasi Pasar dan Volume Perdagangan

Kapitalisasi pasar stablecoin telah mengalami pertumbuhan sebesar 1,95% menjadi $138 miliar pada bulan Februari 2024, mencatatkan pertumbuhan bulanan kelima berturut-turut sejak September 2023.

Baca juga: Lonjakan Token AI Mengguncang Pasar, Terinspirasi oleh Keuntungan Besar Nvidia!

Pertumbuhan ini didorong oleh aliran masuk yang tinggi ke pasar crypto, mendorong stablecoin ke titik tertinggi sejak awal 2023.

volume perdagangan stablecoin
Sumber: X

Sementara itu, volume perdagangan stablecoin juga mengalami peningkatan pada dua bulan pertama tahun 2024. Volume perdagangan mencapai 1,04 triliun pada bulan Januari, menandai titik volume tertinggi di bursa terpusat (CEX) sejak Desember 2021.

Peningkatan tersebut menunjukkan aktivitas pasar yang signifikan dan minat yang terus tumbuh dari investor.

Dominasi Stablecoin dan Posisi Tether (USDT)

Meskipun stablecoin menunjukkan angka dan aktivitas yang meningkat, dominasi pasar keseluruhan mereka mengalami penurunan dari 8,15% menjadi 7,09% pada bulan ini.

Penurunan dominasi ini merupakan penurunan bulanan keenam berturut-turut, yang terjadi di tengah aliran masuk besar ke cryptocurrency lain, meningkatkan kapitalisasi pasar mereka menjadi $1,97 triliun.

Tether (USDT) tetap memimpin pasar stablecoin dengan kapitalisasi pasar mencapai $97,3 miliar, naik 1,23% dalam 30 hari terakhir. Pertumbuhan ini menempatkan dominasi USDT di angka 70,6%, diikuti oleh USDC dan DAI. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada persaingan, USDT masih memegang posisi terdepan di pasar stablecoin.

“Kapitalisasi pasar USD Coin (USDC) naik selama tiga bulan berturut-turut, naik 5,34% menjadi $26,9 miliar, mencatat kapitalisasi pasar tertinggi sejak Juni 2023. Sementara itu, kapitalisasi pasar First Digital USD (FDUSD) naik 12,5% menjadi $ 2,44 miliar, mencatat level tertinggi sepanjang masa untuk stablecoin,”

Baca juga: Circle dan Coincheck Bermitra untuk Memperluas Akses USDC di Jepang

Pengembangan CBDC dan Kasus Penggunaan Baru

italia dan korea selatan cbdc
Sumber: Central Banking

Seiring dengan pertumbuhan kapitalisasi pasar stablecoin, penggunaan untuk Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) juga tumbuh, dengan minat yang tercatat di beberapa yurisdiksi.

Negara-negara dengan proyek percontohan yang ada juga mengeksplorasi kasus penggunaan baru, menunjukkan bahwa inovasi dalam crypto dan teknologi keuangan terus berkembang.

Beberapa alasan yang diberikan untuk CBDC termasuk untuk meningkatkan pembayaran lintas batas di tengah adopsi massal cryptocurrency dalam dua tahun terakhir. Namun, banyak orang dan organisasi telah menandai kekhawatiran privasi dalam sebagian besar model CBDC.

Secara keselruuhan, pertumbuhan kapitalisasi pasar dan volume perdagangan stablecoin menandakan era baru stabilitas dan inovasi dalam dunia crypto. Dengan dominasi USDT yang tetap kuat dan pengembangan CBDC yang terus berlanjut, pasar stablecoin menunjukkan bahwa mereka adalah komponen penting dari ekosistem crypto yang lebih luas.

Apakah kamu siap untuk menjadi bagian dari gelombang baru ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: PYMNTS