Pasar NFT Melambung Lagi, 2 NFT Ini Laku Hingga Rp20 Miliar

author:

Pasar NFT Melambung Lagi, 2 NFT Ini Laku Hingga Rp20 Miliar

Sejak awal tahun 2023, penjualan NFT dikabarkan melonjak hingga 52%. Tak berhenti sampai di situ, kebangkitan NFT terus berlanjut dengan terjualnya beberapa pasang koleksi NFT bernilai tinggi dalam aktivitas perdagangan baru-baru ini, menurut laporan Decrypt (8/2/23).

Pasar NFT Kembali Bergairah

Evolusi NFT

Berdasarkan data penjualan dan volume perdagangan dari cryptoslam.io pada Januari lalu, Pasar NFT kembali bergairah pada tahun 2023. Menurut laporan Decrypt, sekarang ini terdapat dua tanda rebound yang menonjol selama 24 jam terakhir, yakni NFT Ethereum tunggal dari proyek CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club. Kedua NFT ini dilaporkan menjadi populer dengan terjualnya masing-masing koleksi senilai lebih dari $1 juta ETH atau kurang lebih setara dengan Rp20 triliun. Menurut CryptoSlam, kedua penjualan tersebut menandai penjualan NFT terbesar yang dilacak selama 30 hari terakhir.

Baca juga: Merek Jam Tangan Mewah Hublot Rilis 13 Koleksi NFT Unik, Harganya Bikin Elus Dada

Crypto Punks Terjual Rp21 Miliar

Sumber: Twitter

Seperti yang dibagikan oleh akun Twitter CryptoPunksBot, pada hari Selasa (7/2/23), CryptoPunk #5066 telah dibeli seharga 857 ETH, atau senilai $1,4 juta, setara dengan Rp21 miliar pada saat itu. NFT ini dijual oleh Kevin Rose, salah satu pendiri startup NFT Proof (Moonbirds) serta pemodal ventura, pengusaha serial, dan kolektor NFT terkenal. Mengutip Decrypt, awalnya pembeli NFT tersebut tidak diketahui, sampai akhirnya koleksi NFT itu ditransfer ke dompet lain berlabel bitshamed.eth setelah pembelian.

NFT Bored Ape Yacht Club Terjual Rp19 Miliar

Sumber: Twitter

Sementara itu, pada hari yang sama, akun Twitter bernama BoredApeGazette juga melaporkan bahwa koleksi NFT Bored Ape Yacht Club #7090 telah terjual seharga 800 ETH, senilai $ 1,3 juta atau setara dengan Rp19,6 miliar pada hari Rabu (8/2/23). Menduduki peringkat ke-62 NFT terlangka dalam koleksi 10,000 keping oleh Rarity Tools, NFT tersebut dijual oleh pencipta dan kolektor Web3 Jimmy “j1mmy” McNelis kepada pembeli yang tidak teridentifikasi. Sebelumnya, McNelis adalah pemilik NFT di balik band virtual Bored Ape dari Universal Music Group, Kingship, dan juga menciptakan proyek awal Avastars.

Sebelum ramai terjual hingga Rp19,6 miliar, koleksi NFT BAYC memang sudah jadi perbincangan sejak pertengahan Januari 2023 lalu dengan hadirnya proyek game Dookey Dash, yang dirilis 18 Januari silam. Pada saat berita perilisan game Dookey Dash diturunkan, penjualan NFT BAYC tercatat naik hingga lebih dari 100%. Intip selengkapnya di Penjualan NFT Bored Ape Yacht Club Laku Keras Sampai 171% Karena Ini?

Apakah Pasar NFT Kembali ke Masa Kejayaan?

NFT Film Movieplex dan Cinema Libre
Sumber: The Economic Times

Mengutip dari laporan NFT Evening (8/2/23), pada tahun 2022, baik kreator maupun kolektor NFT sangat terpengaruh oleh pasar bearish, meskipun pasar NFT secara keseluruhan mengumpulkan lebih dari $35 miliar pada tahun 2021 dan 2022. Tahun 2023, volume perdagangan NFT tercatat meroket dari menit ke menit.

Seperti contohnya, volume penjualan NFT secara keseluruhan melonjak 38% pada bulan Januari, yang berarti tercatat mencapai sekitar $947 juta di 1 bulan saja. Sementara itu, pedagang menjual NFT 42% lebih banyak daripada bulan-bulan sebelumnya, yang menunjukkan adanya pertumbuhan yang luar biasa. Menurut laporan, peningkatan aktivitas perdagangan NFI ini sebagian besar disebabkan oleh banyaknya perilisan dari proyek NFT yang ikonik.

Penasaran bagaimana pertumbuhan NFT di Januari 2023? Baca kelanjutannya di NFT Punah? Total Penjualan NFT Justru Naik 41%, Hampir Capai $1 Miliar di Bulan Januari 2023!


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: