Penjualan NFT Melonjak Menjadi $129 Juta, Pasar NFT Tetap Eksis Meski Dihantam Badai!

author:

Penjualan NFT Melonjak Menjadi $129 Juta, Pasar NFT Tetap Eksis Meski Dihantam Badai!

Pasar NFT (Non-fungible Token) menunjukkan ketahanan yang luar biasa di tengah berita negatif dan tantangan yang menerpa. Menurut data dari Nansen, perusahaan analitik blockchain, volume penjualan NFT melonjak menjadi 68.342 ETH atau setara dengan lebih dari $129 juta pada minggu yang berakhir pada 6 November 2023.

Lonjakan Volume Penjualan NFT

pasar nft melonjak
Sumber: Twitter

Pada minggu yang berakhir pada 9 Oktober 2023, penjualan NFT berada di angka 29.704 ETH, senilai sekitar $56 juta. Namun, volume penjualan ini terus meningkat setiap minggunya hingga mencapai 68.342 ETH, senilai lebih dari $129 juta.

Baca juga: Lonjakan 32% Volume Perdagangan NFT di Bulan Oktober 2023, Apakah Ini Tanda Kebangkitan Pasar?

Pasar NFT, yang baru-baru ini diguncang oleh berita PHK dan kekhawatiran tentang stabilitasnya, telah menyaksikan perubahan yang luar biasa. Blur, sebuah pasar NFT, muncul sebagai pemimpin dalam volume perdagangan NFT selama 30 hari terakhir.

Data dari NFTGo menunjukkan bahwa Blur memiliki volume perdagangan sebesar 161.433 ETH, setara dengan sekitar $305 juta. Sementara itu, OpenSea, pesaing utamanya, berada di posisi kedua dengan volume perdagangan 52.307 ETH, atau sekitar $100 juta.

Data volume perdagangan 30 hari pasar NFT. Sumber: NFTGo

Koleksi NFT yang Mendominasi Pasar

Dalam hal koleksi NFT, Bored Ape Yacht Club (BAYC) memiliki volume perdagangan tertinggi dalam 30 hari terakhir. Koleksi BAYC memiliki volume sebesar 35.226 ETH, atau sekitar $66,7 juta. Koleksi ini diikuti oleh Mutant Ape Yacht Club (MAYC) dengan 14.947 ETH dan The Captainz dengan 9.948 ETH.

CryptoPunks tetap menjadi koleksi teratas dalam hal kapitalisasi pasar. Namun, koleksi ini hanya memiliki volume perdagangan sebesar 5.773 ETH dalam 30 hari terakhir.

Pasar NFT: Menantang Badai dengan Ketahanan yang Luar Biasa

treehouse mengakuisisi origins

Meski dihantam berita bearish dan tantangan lainnya, pasar NFT menunjukkan peningkatan volume perdagangan yang signifikan. Data NFTGo juga menunjukkan bahwa ada peningkatan 12% dalam jumlah pedagang NFT dalam tujuh hari terakhir.

Baca juga: Wow! Dunia Crypto Nike-RTFKT Mendekati $1,4 Miliar dalam Perdagangan NFT

Alamat pembeli berada di angka 22.804, sementara penjual berada di angka 27.308 dalam periode yang sama. Sementara itu, jumlah dompet yang memegang NFT masih berada di sekitar enam juta.

Meski dihantam berbagai tantangan, pasar NFT menunjukkan ketahanan yang luar biasa dan peningkatan volume perdagangan yang signifikan. Ini menunjukkan bahwa sektor ini jauh dari kata mati. Meski menghadapi rintangan, pasar NFT terus menarik pedagang dan kolektor, menegaskan kehadirannya yang kuat dan berkembang dalam lanskap crypto yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: