Pasar NFT Diprediksi Menuju Rp2,9 kuadriliun, Kok Bisa?

author:

Pasar NFT Diprediksi Menuju Rp2,9 kuadriliun, Kok Bisa?

NFT, atau token yang tidak dapat ditukar, telah berkembang dari pasar yang terbatas pada penggemar crypto menjadi kekuatan yang mengganggu yang diprediksi akan mendefinisikan kembali ekonomi global.

Mengutip laporan dari BeInCrypto (6/6/23), pasar NFT diproyeksikan untuk melampaui ambang batas $200 miliar atau setara dengan Rp2,9 kuadriliun dalam waktu dekat, mengubah bagaimana nilai dan kepemilikan dipandang di dunia digital dan fisik.

Kekuatan Tak Terbendung dari Aset Digital

Dilansir dari BeInCrypto, pada tahun 2022, pasar NFT memiliki nilai yang mencengangkan sebesar $20,44 miliar (Rp304 triliun). Angka tersebut mencakup lebih dari 72% dari pendapatan global pasar aset digital.

proyeksi pasar nft
Sumber: Grand View Research

Lebih lanjut, prediksi Garnd View Research menunjukkan pertumbuhan tahunan gabungan yang mengesankan sebesar 34,2% dari 2023 hingga 2030. Oleh karena itu, menunjukkan bahwa lonjakan nilai aset digital telah melonjak.

Tren naik ini sebagian besar didorong oleh sifat unik NFT yang memungkinkan seniman untuk mempertahankan kepemilikan atas karya mereka sambil mendapatkan keuntungan dari karya mereka. Kemerdekaan finansial yang baru ditemukan ini menarik kreatif dari seluruh dunia ke segmen aset digital, mendorong pertumbuhan.

Selain itu, konsep real estat digital juga semakin populer. Properti fisik dan virtual sedang ditokenkan dan diperdagangkan di platform NFT. Ini membuat real estat menjadi kontributor signifikan untuk segmen aset digital.

Baca juga: Gokil! NFT ‘Blue Chip’ Dorong Pasar Pinjaman Melebihi Rp6,3 Triliun

Kemudian, NFT telah muncul sebagai alat yang kuat untuk melawan transaksi penipuan. Mereka menawarkan tingkat keamanan dan transparansi yang lebih tinggi yang sebelumnya tidak dapat dicapai dalam lanskap digital.

Merevolusi Kepemilikan Koleksi Fisik dan Digital

Segmen aset fisik, yang mencakup barang-barang nyata seperti rumah, lukisan, dan kendaraan, diprediksi akan menyaksikan pertumbuhan substansial dalam waktu dekat juga.

Ketika ditokenkan menjadi NFT, aset fisik ini menawarkan cara yang tahan lama untuk mengautentikasi identitas pemilik dan melindungi terhadap transaksi penipuan. Aplikasi inovatif ini dari NFT memperluas jangkauan mereka, menjanjikan revolusi dalam model kepemilikan dan nilai tradisional.

“Sistem keuangan terdesentralisasi menjanjikan untuk membongkar beberapa kendala yang ditemukan dalam TradFi, dan pada gilirannya, memberikan peningkatan material dalam hal efisiensi pasar dan peluang bagi pemegang aset. DeFi meminimalkan atau sepenuhnya menghilangkan sistem intermediasi yang ditemukan di TradFi untuk secara efektif mendesentralisasi back-end pasar keuangan,” kata Binance Research.

nft dengan investasi tertinggi
Kategori NFT dengan Investasi Tertinggi. Sumber: Statista

Selain itu, NFT juga memiliki dampak yang besar pada sektor barang koleksi. Memegang lebih dari 53% pendapatan NFT global pada tahun 2022, barang koleksi crypto, yang dicetak di pasar NFT, telah menjadi sensasi di antara berbagai demografi. Baik itu memorabilia olahraga, aset game unik, atau karya seni eksklusif, tampaknya tidak terbatas.

Pengaruh Meningkat NFT di Sektor Olahraga dan Lainnya

Tidak hanya itu, NFT juga telah membuat kemajuan signifikan ke dalam sektor olahraga. Mereka menciptakan jalan baru bagi atlet untuk meningkatkan visibilitas merek mereka dan meningkatkan keterlibatan penggemar.

Hingga lima juta penggemar olahraga diperkirakan memiliki atau diberi hadiah NFT, menghasilkan lebih dari $2 miliar (Rp29 triliun) dalam transaksi. Peningkatan yang cukup besar dari tahun sebelumnya menandakan potensi besar NFT dalam mendorong keterlibatan penggemar dan generasi pendapatan di sektor olahraga.

Tidak berhenti sampai di sana, potensi NFT tidak hanya terbatas pada seni dan olahraga. Sektor tradisional seperti musik, mode, dan game semakin banyak menggunakan NFT untuk menawarkan pengalaman unik dan konten digital eksklusif kepada penggemar mereka.

Baca juga: Brand Mewah Louis Vuitton Luncurkan NFT Eksklusif dengan Harga Rp624 Juta!

Pada akhirnya, seiring dunia berdiri di ambang revolusi digital, pertumbuhan pasar NFT yang diproyeksikan menjadi $200 miliar menandakan pergeseran transformatif. Meski begitu, terdapat satu tantangan besar seperti mendidik populasi umum tentang konsep, nilai, dan keaslian NFT.

Upaya terkoordinasi oleh platform NFT, pencipta, dan merek yang sudah mapan dapat membantu mengatasi hambatan ini dan membuka era NFT dalam ekonomi mainstream.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: