Lonjakan Spektakuler: Volume Perdagangan Pasar NFT Mendekati $1 Miliar!

author:

Lonjakan Spektakuler: Volume Perdagangan Pasar NFT Mendekati $1 Miliar!

Pasar non-fungible token (NFT) baru-baru ini menunjukkan tren positif yang mengejutkan, dengan volume perdagangan yang hampir mencapai angka $1 miliar. Kenaikan ini mencerminkan minat yang tumbuh dan momentum bullish yang konsisten di dalam ekosistem crypto.

Analisis terbaru menunjukkan bahwa ini bukan hanya fenomena sesaat, melainkan mungkin awal dari pertumbuhan yang berkelanjutan. Simak lebih lanjut, yuk!

Momentum Bullish yang Tak Terbendung

volume perdagangan nft naik
Data volume perdagangan dan jumlah penjualan NFT. Sumber: DappRadar

Data terkini dari DappRadar menunjukkan bahwa volume perdagangan NFT telah mengalami lonjakan signifikan sebesar 125% pada bulan November 2023. Ini menandai bulan kedua berturut-turut di mana industri NFT menunjukkan pertumbuhan positif.

Baca juga: Heboh! Pasar NFT Bangkit dari Keterpurukan dengan Penjualan yang Mencapai $915 Juta!

Sebelumnya, pada 6 November 2023, perusahaan analitik Nansen melaporkan bahwa volume penjualan NFT menunjukkan peningkatan mingguan yang berkelanjutan di bulan Oktober. Penjualan NFT secara konsisten naik, dari $56 juta pada minggu yang berakhir pada 9 Oktober menjadi $129 juta pada minggu yang berakhir pada 5 November.

Lebih lanjut, kenaikan ini telah mendorong kapitalisasi pasar crypto secara keseluruhan hingga mencapai $1,6 triliun. Tren ini juga berdampak pada pasar NFT, yang kini semakin banyak diperhatikan oleh investor.

Investasi di Blockchain Gaming

Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan NFT adalah investasi yang masif di sektor blockchain gaming. Dengan peningkatan unik active wallets (UAW) sebesar 14% dan dominasi pasar sebesar 34%, blockchain gaming menjadi pilar penting dalam ekosistem aplikasi terdesentralisasi.

Meskipun pasar crypto mengalami pasang surut, blockchain gaming berhasil mengamankan investasi sebesar $2,3 miliar sejak awal tahun hingga Oktober. Proyek-proyek gaming berbasis blockchain terus menarik perhatian investor, dengan catatan investasi sebesar $600 juta hanya pada kuartal ketiga tahun 2023. Ini menunjukkan bahwa sektor ini memiliki ketahanan dan potensi pertumbuhan yang kuat, bahkan ketika pasar crypto secara keseluruhan mengalami penurunan.

Baca juga: Heboh! Blur Geser Dominasi OpenSea di Pasar NFT dengan Kenaikan Transaksi Mencapai 80%

Marketplace Blur Mendominasi

Naiknya Pasar NFT Karena Blur?

Marketplace Blur telah menjadi pemimpin dalam sektor NFT, dengan pangsa pasar sebesar 35% dari volume perdagangan. Ini menandakan pergeseran dominasi dari OpenSea, yang sebelumnya mendominasi pasar. Meskipun OpenSea masih memiliki komunitas pedagang NFT yang aktif, dengan 191.000 pedagang, Blur telah berhasil menarik perhatian yang lebih besar.

Pertumbuhan Blur menunjukkan bahwa pasar NFT sangat dinamis dan terus berkembang. Dengan inovasi dan platform baru yang terus muncul, pasar NFT menawarkan peluang yang menarik bagi para investor dan penggemar crypto. Kedepannya, kita mungkin akan melihat lebih banyak lagi perubahan dalam peta persaingan di pasar NFT.

Secara keseluruhan, pasar NFT saat ini sedang berada pada titik balik yang menjanjikan, dengan volume perdagangan yang mendekati $1 miliar. Kenaikan ini menandakan kepercayaan yang pulih dari investor dan potensi pertumbuhan yang masih sangat besar.

Dengan tren positif yang berkelanjutan dan investasi yang mengalir ke dalam blockchain gaming, masa depan NFT tampaknya akan semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: