Heboh! Pasar NFT Bangkit dari Keterpurukan dengan Penjualan yang Mencapai $915 Juta!

author:

Heboh! Pasar NFT Bangkit dari Keterpurukan dengan Penjualan yang Mencapai $915 Juta!

Setelah mengalami masa stagnasi, pasar Non-Fungible Token (NFT) kini tampaknya mulai menunjukkan geliat kebangkitan. Dengan lonjakan penjualan yang mencolok di bulan November 2023, banyak pihak penasaran apakah ini merupakan sinyal awal dari pemulihan pasar NFT atau hanya fenomena sementara.

Kita akan menggali lebih dalam tentang apa yang sedang terjadi di ranah crypto saat ini!

Pemulihan Pasar NFT

Di bulan November 2023, tercatat penjualan NFT mencapai angka $915 juta, sebuah angka yang belum terlihat sejak Maret 2023. Ini menjadi kabar baik setelah periode penurunan yang berkepanjangan, dimana penjualan NFT sempat merosot sejak mencapai puncaknya di Februari dengan $1,2 miliar.

Baca juga: Heboh! Blur Geser Dominasi OpenSea di Pasar NFT dengan Kenaikan Transaksi Mencapai 80%

Kenaikan tersebut memberikan semangat baru bagi para penggemar NFT dan menumbuhkan optimisme akan pertumbuhan yang stabil ke depannya. Dalam beberapa bulan sebelumnya, penjualan NFT berada di kisaran $300 juta, angka yang cukup rendah jika dibandingkan dengan masa keemasan NFT pada tahun 2021 dan awal 2022.

Namun, lonjakan yang terjadi di bulan November ini telah mengubah persepsi banyak orang mengenai prospek masa depan NFT. Peningkatan jumlah pembeli menandakan adanya permintaan yang kembali menguat dan potensi perubahan dinamika pasar.

Koleksi NFT Terkemuka

NFT Terlaris di Minggu Pertama Bulan April- Wrapped CryptoPunks NFT Jadi Nomor 1!

Koleksi NFT yang dianggap sebagai blue-chip, seperti CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club (BAYC), juga mengalami peningkatan nilai harga dasar. Sebagai contoh, CryptoPunks mengalami kenaikan harga dasar hingga 33% menjadi 56,8 Ether (ETH).

Harga dasar merupakan indikator harga terendah dalam suatu koleksi NFT, dan kenaikan ini menunjukkan peningkatan minat. BAYC juga mencatat kenaikan harga dasar dari 24 ETH di pertengahan Oktober menjadi 30 ETH, naik sekitar 25%.

Meskipun angka ini masih belum menyamai puncak di tahun 2022 atau harga tertinggi pada Januari, namun pemulihan ini disambut positif oleh komunitas NFT. Data menunjukkan bahwa transaksi BAYC didominasi oleh aktivitas pembelian daripada penjualan.

Baca juga: Koleksi NFT Bertema Vitalik Buterin Picu Lonjakan Biaya Gas Ethereum!

Prospek Masa Depan Pasar NFT

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah tren positif ini akan berkelanjutan atau hanya fenomena sesaat. Beberapa proyek NFT seperti Pudgy Penguins, Mad Lads, dan Milady Maker menjadi pionir dalam kenaikan pasar NFT di platform crypto seperti Ethereum dan Solana. Hal ini menandakan bahwa ada faktor lain selain sekadar optimisme pasar yang mendorong kenaikan ini.

Apakah ini merupakan awal dari siklus bullish baru di pasar NFT atau hanya respon terhadap sentimen positif pasar crypto secara keseluruhan, masih perlu waktu untuk membuktikannya. Namun, yang pasti, ada semangat yang terbarukan di kalangan komunitas NFT yang mungkin dapat mengembalikan pasar ini ke masa kejayaannya seperti di tahun 2021-2022.

Dengan berbagai indikator yang ada, pasar NFT tampaknya sedang mengalami fase kebangkitan yang berpotensi berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, hanya waktu yang akan menunjukkan apakah ini merupakan awal dari sebuah era baru atau hanya pemanasan sebelum tantangan yang lebih besar dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: