Pasar Manajemen Aset Crypto: Menuju Lonjakan Hingga $650 Miliar dalam 5 Tahun?

Pasar Manajemen Aset Crypto: Menuju Lonjakan Hingga $650 Miliar dalam 5 Tahun?

Laporan terbaru dari Bernstein menyoroti pertumbuhan yang signifikan yang diharapkan terjadi dalam industri manajemen aset crypto.

Dari status saat ini yang dianggap sebagai “industri rumahan”, sektor ini diperkirakan akan bertransformasi menjadi industri manajemen aset yang teratur dan formal dengan aset yang dikelola meningkat pesat.

Prediksi Pertumbuhan Menurut Bernstein

Menurut analisis yang dipimpin oleh Gautam Chhugani dari Bernstein Research, aset yang dikelola dalam industri crypto diperkirakan akan meningkat dari $50 miliar saat ini menjadi antara $500 miliar hingga $650 miliar dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: Bukan BlackRock, ARK Invest Jadi Antrian Pertama dalam Pengajuan ETF Bitcoin Spot?

Salah satu pendorong utama pertumbuhan ini adalah potensi persetujuan Bitcoin ETF spot. Dengan persetujuan ini, diperkirakan akan ada aliran modal yang masuk ke pasar.

“Adopsi keuangan crypto mengikuti siklus hype, dan kami mengharapkan adopsi yang meningkat pesat, dengan 2024 sebagai tahun regulasi crypto penting untuk persetujuan ETF,” kata analis Bernstein.

Dampak Potensi Bitcoin ETF

etf bitcoin delay
Sumber: Coin Culture

Jika SEC memberikan persetujuan, para ahli industri mengantisipasi kemunculan dana Bitcoin secepat tahun depan. Dana ini berpotensi mewakili sekitar 10% dari total kepemilikan Bitcoin dan Ether.

Bukan hanya Grayscale yang tertarik, perusahaan besar seperti BlackRock, Fidelity, WisdomTree, dan Invesco telah meminta izin untuk membuat ETF Bitcoin mereka sendiri. Ini menunjukkan ketertarikan bisnis besar terhadap crypto.

Selain Bitcoin, beberapa perusahaan juga mempertimbangkan produk terkait Ethereum, crypto lain dengan potensi signifikan.

Keterlibatan Perusahaan Besar dalam Crypto

Perusahaan besar seperti PayPal telah meluncurkan stablecoin mereka sendiri, PYUSD, yang mirip dengan dolar digital.

Sementara itu, Visa sedang menguji cara untuk memungkinkan pembayaran untuk produk crypto dengan uang reguler.

Keterlibatan perusahaan besar dalam industri crypto menunjukkan adopsi crypto yang semakin meningkat dan kepercayaan terhadap potensi pasar ini.

Dengan kombinasi inovasi, regulasi crypto yang mendukung, dan keterlibatan perusahaan besar, masa depan manajemen aset crypto tampaknya sangat menjanjikan.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Dengan potensi yang besar dan dukungan dari pemain industri kunci, pasar manajemen aset crypto siap untuk melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hanya waktu yang akan menentukan sejauh mana industri ini dapat berkembang dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi ekosistem keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: